Analisis Pengalokasian Bantuan Keuangan Bidang Pendidikan Kota Samarinda pada APBD Provinsi Kalimantan Timur

Authors

  • Aji Muhammad Mirman Deni Pratama Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Zainal Abidin Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Diana Lestari Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.37304/ej.v4i1.7947

Keywords:

aspek birokrasi, aspek komunikasi, aspek sumber daya manusia, bantuan keuangan, pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeksripsikan Analisis Bantuan Keuangan Bidang Pendidikan Kota Samarinda pada APBD Provinsi Kalimantan Timur, serta mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam Analisis Bantuan Keuangan Bidang Pendidikan Kota Samarinda pada APBD Provinsi Kalimantan Timur. Jenis penelitian kualitatif, metode penelitian menggunakan wawancara mendalam dan triangulasi untuk analisis data. Sumber data dari Key Informan  dan informan dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fokus penelitian yang dianalisis meliputi aspek informasi, aspek sumber daya manusia, aspek birokrasi keseluruhan faktor tersebut merupakan pendukung dan penghambat dalam Analisis Bantuan Keuangan Bidang Pendidikan Kota Samarinda pada APBD Provinsi Kalimantan Timur. Sepenuhnya faktor tersebut sudah berjalan dengan baik, namun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya seperti kurang lengkapnya melengkapi syarat yang telah ditentukan dalam Peraturan Gubernur No 49 Tahun 2020 seperti tidak lengkapnya data siswa, fisik bangunan, DED (detail engineering desain), RAB (rencana anggaran biaya), dan status lahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. 2012. Pembelajaran berbasis pemanfaatan sumber belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).

Agustino, L. 2009. Pilkada dan dinamika politik lokal. Pustaka Pelajar.

Atmini, S., & Andayani, W. 2006. Manfaat laba dan arus kas untuk memprediksi kondisi financial distress pada perusahaan textile mill products dan apparel and other textile products yang terdaftar di bursa efek jakarta. TEMA, 7(2).

Conyers, R. A., Bais, R., & Rofe, A. M. 1990. The relation of clinical catastrophes, endogenous oxalate production, and urolithiasis. Clinical chemistry, 36(10), 1717-1730.

Hermawan, D., Widodo, S., & Mulyadi, E. 2012. Sistem Panas Bumi Daerah Candi Umbul-Telomoyo Berdasarkan Kajian Geologi Dan Geokimia. Buletin Sumber Daya Geologi, 7(1), 1-6.

Martin, E., & Winarno, B. 2014. Peran Faktor Demografi dalam Pengembangan Hutan Kota di Sumatera Bagian Selatan. Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan, 11(1), 91-103.

Permendagri No. 38 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah

Peraturan Gubernur Kalimantan Timur No. 49 tahun 2020 tentang Belanja Bantuan Keuangan.

Pimmer, C., & Rambe, P. 2016. The educational role of mobile instant messaging. Findings from a systematic review. New Trends and Issue Proceedings on Humanities and Social Sciences, 11, 153-161.

Riduwan, A. K. H. M. A. D. 2014. Tanggungjawab Lingkungan Dan Peran Informasi Biaya Lingkungan Dalam Pengambilan Keputusan Manajemen: Studi Kualitatif. Nas. Akunt, 14, 26.

Sudaryo, Y., Sjarif, D., Sofiati, N. A., & Bandung, S. I. 2021. Keuangan di era otonomi daerah. Penerbit Andi.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, Pemerintah Daerah.

Downloads

Published

2022-12-18

How to Cite

Deni Pratama, A. M. M. ., Zainal Abidin, & Diana Lestari. (2022). Analisis Pengalokasian Bantuan Keuangan Bidang Pendidikan Kota Samarinda pada APBD Provinsi Kalimantan Timur. Edunomics Journal, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.37304/ej.v4i1.7947