Pembelajaran Menulis Teks Persuasif Dengan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Toontastic 3D Pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 35 Bandung
Pembelajaran Menulis Teks Persuasif dengan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Toontatsic 3D pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 35 Bandung
DOI:
https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.10100Keywords:
Pembelajaran, Menulis, Teks, Persuasif, Media pembelajaran, Toontastic, 3DAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pemilihan media pembelajaran yang kurang inovatif khususnya dalam pembelajaran menulis teks persuasif sehingga peserta didik merasa bosan dan sulit dalam menulis. Tujuan penelitian adalah untuk menguji efektivitas pembelajaran menulis teks persuasif berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan dengan media pembelajaran berbantuan aplikasi toontastic 3D pada peserta didik kelas VIII SMPN 35 Bandung Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan true experimental pretest-pottest control grup design. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII C dan VIII D SMPN 35 Bandung yang masing-masing berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu 1) uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas, 2) uji hipotesis menggunakan aplikasi IBM SPSS 22 yang meliputi uji wilcoxon signed rank, dan uji mann whitney. Dari data yang diperoleh tersebut maka media pembelajaran berbantuan aplikasi toontastic 3D efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasif kelas VIII SMPN 35 Bandung tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu, 92,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol 86,2. Hasil perhitungan yang telah penulis lakukan dengan hasil analisis uji mann whitney. Pada uji tersebut diketahui bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai mean rank sebesar 25,98 dan nilai sum of rank sebesar 545,50. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai mean rank sebesar 17,02 dan nilai sum of rank sebesar 357,50 dengan total hasil keseluruhan dari uji mann whitney yaitu, 0,03, < 0,05.
Kata kunci : Pembelajaran menulis teks persuasif, toontastic 3D.
Downloads
References
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Deliviana, E. (2017). Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematikanya. In: Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis ke 56 Universitas Negeri Makassar. Badan Penerbit UNM, Makassar, pp. 1-6. ISBN 978 602 6883 76 6
Jsimarmata, (2019).Kita Menulis:Semua Bisa Menulis.
Karomah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Toontastic 3d Pada Materi Pencemaran Lingkungan .(Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Mulyana, M. A. (2017). Pembelajaran Menyajikan Teks Iklan dengan Menggunakan Multimedia Pada Siswa Kelas VIII SMP Pasundan 2 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).
Riyadi, M. I. N., Putra, R. S., & Nurjanah, V. E. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Toontastic Pada Pembelajaran Tematik di SD Harapan Kasih. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 7, No. 1, pp. 10321-1041).
Sari, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Film Animasi Petualangan Arisa Berbantuan Aplikasi Toontastic 3d Untuk Mendukung Minat Belajar Siswa SMP. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).
Sari, V. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animaker dalam Pembelajaran Daring Sebagai Sumber Belajar pada Teks Iklan, Slogan, Atau Poster pada Siswa SMP Kelas VIII. (Doctoral dissertation, FKIP Universitas Lampung).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Widyawati, A. (2018). Bahasa Iklan Penawaran Barang Atau Jasa Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(2).