Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak

Authors

  • Sofi Kamilatus Sa’diah niversitas Pendidikan Indonesia
  • Rania Roka Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ai Siti Nuratilah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dede Wahyudin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jennyta Caturiasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v4i1.12114

Keywords:

Parenting, parents, character

Abstract

This study aims to describe the influence of parenting styles on the formation of children's character based on the results of a literature study. In this study a descriptive method was used using a qualitative approach and data collection techniques using literature studies from national journals and other internet sources relevant to the research topic. The results of the study show that parenting style has a very important influence on the development of children's character. The type of parenting that parents do for children will form different characters in developing the child's potential. Some types of parenting styles include authoritarian parenting, democratic parenting, and permissive parenting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriliana, V. A., Umaya, N. M., & Handayani, P. M. (2023). Nilai Moral dalam Novel A Untuk Amanda Karya Annisa Ihsani Sebagai Pembentuk Karakter Bagi Peserta Didik Sma Melalui Pembelajaran Sastra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 183-192.

Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.

Clarke-Stewart, A., & Koch, J. B. (1983). Children: Development through adolescence. Wiley

Djamarah, S.B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Edwards, D. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur. Bandung: PT. Mirzan Nusantara

Ellawati, E., Darihastining, S., & Sulistyowati, H. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata: Nilai Religius dan Nilai Kerja Keras. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 193-200.

Fatimah, C., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Studi Literatur: Kejenuhan Belajar Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 42-49.

Fimansyah, W. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak di era globalisasi. Primary Education Journal Silampari, 1(1), 1-6.

Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran lingkungan keluarga dalampembentukan karakter. Jurnal Education and Development, 10(1), 240-246.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10-15.

Kartikasari, C. A. (2021). Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 7-17.

Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101-112.

Melinda, M., Cuesdeyeni, P., Nurachmana, A., Purwaka, A., & Misnawati, M. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Big Brother Karya Kam Ka-Wai. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 201-219.

Musyawir, M. (2022, November). Pembelajaran Inovatif untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Sekolah Dasar (SD) di Namlea Kabupaten Buru (Studi Meta-Sintesis). In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 2, pp. 15-29).

Pratiwi, N. K. S. P. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83-90.

Putri, F. S., & Lestari, T. (2021). Dampak pola asuh terhadap kemandirian anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1700-1706.

Santrock. 2003. Development Psychology. Jakarta : Prenada.

Sari, A. R., Usop, L. S., Lonarto, L., Peronika, N. W., & Fauzi, R. (2022, May). Analisis Karakter Tokoh Dalam Novel Aku Mencintainya Mama Karya Fredy S. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 46-59).

Sari, C. G. N. K., & Arifin, Z. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Novel Kala Karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad: Pendekatan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 94-107.

Sari, E., Misnawati, M., Linarto, L., Poerwadi, P., & Ramadhan, I. Y. (2023, April). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Si Anak Savana Karya Tere Liye Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra di SMA. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 2, No. 1, pp. 83-107).

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola asuh orang tua terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157-170.

Simanullang, R., Sitorus, W. T., Octavianty, W., & Lubis, F. (2023). ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DONGENG KUPU-KUPU INDAH YANG SOMBONG KARYA YOGA TRIANA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 154-161.

Wardani, A. K., Oktaviani, I., & Roysa, M. (2023). Pengaruh Pola Asuh yang Diberikan Orang Tua dalam Membentuk Karakter Religius Anak. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4180-4191.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Sofi Kamilatus Sa’diah, Rania Roka, Ai Siti Nuratilah, Dede Wahyudin, & Jennyta Caturiasari. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(1), 621–629. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i1.12114