Pengaruh Pembelajaran Berbasis Video Youtube Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di SD 6 Bulungcangkring

Authors

  • Diana Primari Yonanda Universitas Muria Kudus
  • Purbo Jati Kusumo Universitas Muria Kudus
  • Riana Dewi Puspitasari Universitas Muria Kudus
  • Nita Fitri Amaliyah Universitas Muria Kudus
  • Nisa Wandiana Putri Universitas Muria Kudus
  • Shofiyana Ramdani Universitas Muria Kudus
  • Meliyasa Khorina Laili Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.14516

Keywords:

Influence, YouTube, Learning Outcomes, Learning Media

Abstract

This study aims to determine the effect of the application of instructional media or educational tools in the form of YouTube videos on cognitive learning outcomes of students in class IV Science Science at SD 6 Bulungcangkring. The method used in this study is a quantitative method with a two-sample paired T-test approach. Data collection techniques were carried out by providing instruments in the form of cognitive learning outcomes test questions using plant material with pretest and posttest techniques. The stages of data processing are carried out by presenting data using SPSS for windows and analyzing data in a descriptive form to be able to draw conclusions. The results of the study were: (1) the average pretest score was 72 and the posttest average score was 74.1; (2) there are significant values of 0.376 and 0.376 > 0.05, so it can be said that there is no difference but there is a difference in the average value so that it can be said that there is only a slight influence on student learning outcomes due to a lack of student focus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., & Febiantina, S. (2021). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui penggunaan media video pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–72.

Amril, S. (2021). Peningkatan motivasi dan retensi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video YouTube. JIMPIAN: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 1–8.

Delfisanur, Sari, D. Y., Hasanuddin, & Ambiyar. (2020). Pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi YouTube terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran mesin konversi energi di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. VOMEK: Jurnal Vokasi Mekanika, 2(1), 53–59. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i1.85

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Gunawan, D. (2020). Pengaruh media video interaktif terhadap hasil belajar kognitif kelas IV SD Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1489

Istikharoh, I., Nurachmana, A., Usop, L. S., Diman, P., & Veniaty, S. (2023, April). Alih kode pada konten vlog dalam kanal YouTube Turah Parthayana. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Vol. 2, No. 1, pp. 15-30).

Julianingsih, D., & Widayanti, E. (2021). Pengaruh penggunaan YouTube terhadap hasil belajar mahasiswa. SIGMA, 7(1), 63–70. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i1.1216

Linggarsari, E. (2021). Meta analisis pembelajaran berbasis media video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 122–128.

Magdalena, I., Listiani, E., Widihaningsih, R., Nurohmah, S., & Dianti, T. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran IPA pada materi sistem pernapasan manusia kelas 5 SDN Bojong 3 Tangerang. PENSA: Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 361–370.

Nugraha, M. F., Sya, A., Sunaryo, Husen, A., Hendrawan, B., & Purwanto, A. (2021). Implementasi media video pembelajaran pendidikan lingkungan hidup terintegrasi IPA untuk siswa sekolah dasar pada platform YouTube. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2b), 934–941.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Oktiana, H. (2021). Pengaruh penggunaan media video YouTube terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pendidikan agama Islam (PAI) di SMP Negeri 20 Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Rimbawan, E., & Jumadi. (2021). Pengembangan media ajar video YouTube berbasis online-inquiry untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar aspek kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 1–9.

Sheilliarika, W. A., Maryani, S., & Hendi, E. (2020). Pengaruh membatasi mobilitas kereta api guna mencegah COVID-19 dengan uji-t berpasangan (Paired Sample T-Test). Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika (JMP), 12(2), 43–48.

Wulandari, A. R., Masturi, & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis YouTube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779–3785. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251

Published

2024-06-29

How to Cite

Diana Primari Yonanda, Purbo Jati Kusumo, Riana Dewi Puspitasari, Nita Fitri Amaliyah, Nisa Wandiana Putri, Shofiyana Ramdani, & Meliyasa Khorina Laili. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Video Youtube Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di SD 6 Bulungcangkring. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 4(2), 266–274. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i2.14516