Pembelajaran Logika via Pendekatan Trilogi bagi Mahasiswa PAI yang Kritis dan Menyenangkan sebagai Generasi Z yang Aktif

Authors

  • Moh. Faizin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Kheisya Auliya Azzahroh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Lailatul Munawaroh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Irma Nur Setyani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37304/enggang.v5i2.21962

Keywords:

Trilogy of Sciences, Logic, Z Generation, Islamic Religius Education

Abstract

The Trilogy of Sciences (Ontology, Epistemology, and Axiology) is a series of components that are inherent in the scope of Islamic Religious Education. This article aims to find out about Logic learning among PAI students as generation Z who are active, critical and not out of date. This writing uses the Library Research method, namely data processing using librarianship and literacy sources. Based on this, the conclusion of this article is that there are various kinds of foundations that can be used as buildings or basic foundations related to ontology, epistemology and axiology of Logic learning for PAI students to become an active, critical and fun Generation Z.

References

Ade, I. F. (2021). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama Islam. Al-Tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 230.

Anisa, C. (2021). Fungsi epistemologi dalam dunia pendidikan. Kejarcita.id. https://blog.kejarcita.id/fungsi-epistemologi-dalam-dunia-pendidikan/

Aryani, W. (2019, Desember 15). Mengenal ontologi, aksiologi dan epistemologi dalam kehidupan sehari-hari. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/windaaryani/5df634fa097f3651e741f432/

Azizah, Q. (2021). Konsep tauhid Ibnu Taimiyah dan pengaruhnya terhadap pembaharuan pemikiran Islam. Jurnal Filsafat dan Teologi Islam, 12(2).

Elman, M., & Mahrus, M. (2020). Kerangka epistemologi (Metode rekonstruksi pendidikan agama Islam). Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 139. https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i2.4115

Fabian, A. (2023). Epistemologi sebagai pilar penting dalam membangun kesadaran literasi di era digital. Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/amp/fabianananta1860/6472384a08a8b561966abaf2

Fajrul Bahri, M. (2019). Kemampuan berpikir kritis menggunakan tes terintegrasi agama dan sains dalam pembelajaran PAI di SMA. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2).

Fuad, S. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi Z di era digital. Jurnal Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5.

Haetami, E. (2017). Filsafat ilmu: Mengetengahkan problem ontologi, epistemologi dan aksiologi dengan mengurai objek materi, objek forma, dan filsafat. Bandung: Yayasan Bhakti Ilham.

Hani Zahrani, A., Dhobith, A., & Rubini. (2022). Kajian teoritis epistemologi pendidikan Islam. Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 11(2).

Hayati, N. (2020). Nurfitriyani Hayati. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 3(1), 68–81.

Herowati, P. (2018). Ilmu filsafat dalam perspektif filsafat ilmu. Yogyakarta.

Irmayani, I. (2021). Representasi pendidikan spiritual Islam dalam novel Lauh Mahfuz karya Nugroho Suksmanto (Pendekatan fenomenologi). Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 13(2).

Isnaini, M. A., & Soleh, A. K. (2023). Analisis epistemologi Burhani dalam pembelajaran PAI. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1).

Izza, Y. P. (2019). Epistemologi pendidikan Islam: Mengurai pendidikan Islam sebagai suatu sistem ilmu pengetahuan. At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 8(1).

Izzatul, D. (2020). Penerapan strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar Aswaja siswa di madrasah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1).

Kattsoff, L. (1995). Pengantar filsafat (terj.). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Khomsatun, N. (2019). Pendidikan Islam dalam tinjauan ontologi, epistemologi dan aksiologi. EDUCREATIVE: Jurnal Pendidikan Kreatif Anak, 4(2).

Lismaya, L. (2019). Berpikir kritis dan PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Makki, M. (2019). Epistemologi pendidikan Islam: Memutus dominasi Barat terhadap pendidikan Islam. Al-Musannif, 1(2), 110–124.

Mappiare, A. (2022). Teknik berbagi kegembiraan ala konseling model kipas pada perantau akademik dan guru BK Kota Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(2).

Miftahul Arifin, M. (2015). Strategi guru untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik (Tesis, IAIN Tulungagung). Tulungagung: IAIN Tulungagung Press.

Moses, R. (2017). Estetika dalam pemikiran Immanuel Kant. Studia Philosophica et Theologica, 17(1).

Muhammad Shohibul Kahfi, dkk. (2020). Antara logika, etika, dan estetika dalam pendidikan agama Islam. Pusaka: Media Kajian dan Pemikiran Islam, 12(1).

Muhmidayeli. (2013). Filsafat pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Qomar, M. (2005). Epistemologi pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Riski, D. (2021). Literasi keuangan untuk generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 1(1).

Rokhmah, D. (2021). Ilmu dalam tinjauan filsafat: Ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 7.

S, Jujun. (2009). Filsafat ilmu: Sebuah pengantar populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sjarkawi. (2011). Pembentukan kepribadian anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Suaedi. (2016). Pengantar filsafat ilmu. Bogor: IPB Press.

Suparno, P. (2008). Filsafat pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi, W. E. (2022). Mengurai problematika pembelajaran akidah (Integrasi cooperative learning dengan epistemologi Abid Al-Jabiri). Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(2).

Wiramiharja, S. A. (2017). Pengantar filsafat. Bandung: Refika Aditama.

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Moh. Faizin, Kheisya Auliya Azzahroh, Lailatul Munawaroh, & Irma Nur Setyani. (2025). Pembelajaran Logika via Pendekatan Trilogi bagi Mahasiswa PAI yang Kritis dan Menyenangkan sebagai Generasi Z yang Aktif . ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 5(2), 370–381. https://doi.org/10.37304/enggang.v5i2.21962

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.