AUTHOR GUIDELINES

(PEDOMAN PENULISAN)

A. Umum

Naskah adalah hasil karya asli yang belum pernah dipublikasikan atau dipertimbangkan akan dimuat dalam media publikasi lain. Naskah disusun dalam bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).  Tabel, gambar atau grafik dibuat sedekat mungkin dengan ulasan atau pembahasan dan diberikan nomor secara berurutan sesuai dengan rujukan dalam naskah.  Bila ada catatan kaki, penomoran dilakukan secara berurutan pada sebuah naskah, tidak halaman per halaman.  Naskah diketik dengan program MS Word, diketik 1,5 spasi, huruf Times New Roman 12, ukuran kertas kuarto, maksimal 10 halaman termasuk tabel, grafik, daftar pustaka, dan lampiran.  Naskah dikirim ke penerbit dalam bentuk cetakan sebanyak 2 eksemplar, juga disertakan CD file sebanyak 1 buah, atau dikirim lewat email penerbit. Naskah dikirim ke penerbit minimal 2 minggu sebelum diterbitkan pada bulan Juli dan Desember pada tahun berjalan. Kepada setiap penyumbang naskah yang diterbitkan diberikan 2 (dua) eksemplar jurnal cetakan ulang.

B. Struktur Dasar Naskah

Bagian Awal

Judul              : Ditulis dalam bahasa Indonesia; judul tidak harus sama dengan judul proposal, tidak lebih dari 12 kata; nama lokasi tidak perlu dicantumkan secara rinci .

Oleh               : Nama penulis tanpa gelar; diselip tanda catatan kaki yang  menerang- kan profesi penulis dan instansi tempat bekerja.

Abstrak          : Hanya satu paragraf, tidak lebih dari 250 kata; isi mencakup latar belakang, metode, hasil dan implikasi serta simpulan

Kata Kunci     : Ditulis dalam bahasa Indonesia; kata-kata yang menjadi perhatian utama dari judul naskah; tidak lebih dari 5 kata kunci.

Bagian Isi

1. Pendahuluan                       : Pendahuluan terdiri tidak lebih dari lima paragraf, dan paragraf terakhir memuat pernyataan tujuan kegiatan; isi pendahuluan mencakup alasan  kegiatan dilaksanakan, kerangka teoritis, analisis situasi saat ini.

2. Metode                                  : Memuat langkah-langkah pelaksanaan kegiatan (metode penelitian bila hasil penelitian, metode pelaksanaan bila hasil pengabdian).

3. Hasil dan Pembahasan     : Tampilkan hasil dengan deskripsi yang jelas, bisa didukung oleh ilustrasi (tabel, gambar, diagram dan sejenisnya); pembahasan harus bisa mengungkapkan dan menjelaskan tentang hasil yang diperoleh;  implikasi dan temuan. 

4.  Simpulan dan Saran          : Kalimat simpulan dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mengulang hasil; saran yang spesifik dan berdasarkan hasil kegiatan.

Bagian Akhir

Daftar Pustaka       : Acuan yang ada dalam daftar pustaka harus ada di dalam tubuh tulisan; disusun menurut abjad nama penulis; terdiri dari nama penulis, tahun terbit, judul buku, penerbit, kota penerbit.

Lampiran                 : Bila ada dan bersifat penting untuk dilampirkan.

Biodata penulis      : Memuat data nama, pekerjaan/profesi, bidang keahlian, alamat institusi.  

Pedoman Pengiriman Naskah Secara Online

  1. Dokumen harus dikirimkan melalui Online Submission System di portal Pengabdian Kampus  DI SINI.
  2. Setelah langkah pendaftaran selesai, masuk sebagai penulis, klik "Make a New Submission". Tahap pengajuan artikel terdiri dari lima tahap, seperti: (1). Start, (2). Upload Submission, (3). Enter  metadata, (4). Upload Additional File, (5). Confirmation.
  3. Di kolom "Start", pilih bagian jurnal (artikel lengkap), periksa semua daftar periksa.
  4. Di kolom "Upload Submission", Unggah file naskah dalam format MSWord di kolom ini.
  5. Di kolom "Enter metadata", isi dengan semua data penulis dan afiliasi. Termasuk judul jurnal, abstrak dan pengindeksan kata kunci.
  6. Di kolom "Upload Additional File", penulis diizinkan untuk mengunggah file tambahan, Surat pernyataan, atau lainnya.
  7. Pada kolom "Confirmation", jika data yang Anda masukkan sudah benar, maka klik "Finish Submission".

Jika penulis mengalami kesulitan dalam proses pengajuan melalui sistem online, silahkan hubungi tim editorial JP-UPR di jpmupr@upr.ac.id.