Pendampingan Guru-Guru dalam Membuat Alat Peraga Konkret untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Guru di PKBM Kota Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpmupr.v12i1.22606Keywords:
alat peraga konkret, literasi numerasi, pendampinganAbstract
Program pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi numerasi guru-guru di PKBM se-Kota Palangka Raya melalui kegiatan pembuatan dan pemanfaatan alat peraga konkret. Literasi numerasi merupakan kemampuan penting dalam menunjang pembelajaran yang bermakna, terutama di lingkungan pendidikan nonformal. Namun, sebagian besar guru di PKBM masih menghadapi kesulitan dalam menyampaikan konsep-konsep numerasi secara konkret dan aplikatif. Pendampingan dilakukan terhadap 25 guru dari 5 PKBM melalui serangkaian kegiatan berupa pelatihan, praktik membuat alat peraga sederhana, serta evaluasi berbasis pre-test dan post-test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan numerasi guru, dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 20,16 poin. Sebanyak 56% peserta mengalami peningkatan kategori tinggi, dan sisanya berada pada kategori sedang. Tidak terdapat peserta dengan peningkatan rendah. Temuan ini membuktikan bahwa pendekatan berbasis alat peraga konkret mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan numerasi guru secara efektif. Program ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di PKBM, dan direkomendasikan untuk direplikasi di wilayah lain dengan konteks serupa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Emy Artuti, Oktaviana Ainun Ratnawati, Ichyatul Afrom, Widya Permata D.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.