PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • M Aspiyani UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

DOI:

https://doi.org/10.37304/juara.v2i1.8805

Keywords:

PEMBELAJARAN PJOK, PEMBELAJARAN DARING, COVID 19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada masa pandemi COVID-19 di SD Negeri Kota Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian adalah 14 orang guru PJOK SD Negeri Kota Palangka Raya. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner online (google form). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan data persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa pandemi COVID-19 ini 100% guru tetap memberikan pembelajaran PJOK, 64,3% guru menggunakan metode pembelajaran daring, 51,7% pembelajaran sesuai dengan harapan, 78,6% menggunakan media pembelajaran whatsapp group, 71,4% peserta didik antusias dan berpartisipasi baik dalam pembelajaran, 92,9% guru bekerjasama dengan orang tua agar proses pembelajaran PJOK tetap berlangsung, 42,9% guru mengatakan hanya sebagian yang sesuai RPP, 100% penilaian berdasarkan pengumpulan tugas dan ujian, 42,9% guru mengatakan penilaian pada pembelajaran daring tidak efektif, dan 42,9% kendala pembelajaran PJOK daring yaitu kesulitan penggunaan media.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-31