Optimalisasi Hasil Belajar Gerak Dasar Shooting Sepak Bola Melalui Pendekatan TARL
DOI:
https://doi.org/10.37304/juara.v4i2.15220Kata Kunci:
shooting, Hasil Belajar, Sepak Bola, TaRLAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pendekatan yang efisien untuk meningkatkan kemahiran siswa dalam metode dasar menembak sepak bola melalui penerapan metode pengajaran Teaching at The Right Level (TaRL). Metodologi penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian tindakan kelas (PTK) atau penelitian tindakan kelas. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas 5B SDN Jeruk 1/469 Surabaya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi TaRL berhasil meningkatkan hasil pembelajaran shooting sepak bola pada pembelajaran pendidikan jasmani. Proporsi awal siswa yang berhasil melakukan aksi dasar menembak sepak bola sebelum mendapat intervensi TaRL adalah 40,62%. Setelah penerapan intervensi TaRL, proporsi akhir siswa yang berhasil melakukan gerakan meningkat menjadi 81,25%. Penggunaan strategi TaRL dalam pengajaran pendidikan jasmani terbukti meningkatkan hasil belajar menembak sepak bola.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-12-03 (2)
- 2024-11-30 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Keolahragaan JUARA

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.















