the Analisis Musik Upacara Adat Bokas Di Desa Kalahien Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan

Penulis

  • yohanes permana yohanes
  • Jimy O Andin Universitas Palangka Raya
  • Kefas Satria Permana Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.1234/jt.v4i2.10428

Kata Kunci:

Analsis Musik, upacara adat, musik bokas

Abstrak

Musik merupakan bagian penting sebuah upacara dalam adat istiadat. Musik bagi msayarakat Dayak tidak hanya mempunyai peranan dalam kehidupan, tetapi mengandung nilai-nilai religius masyarakat sesuai dengan adat dan kepercayaan yang dianut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekakan secara deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ditujukan untuk mengetahui musik upacara adat bokas, organ musik, dinamika musik upacara adat Bokas di Desa Kalahien Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Narasumber penelitian yakni 1 orang Balian Bokas, 1 orang Mantir Adat dan 1 orang pemain musik Bokas. Data diperoleh dari data primer yang langsung dari lapangan dengan mewawancarai. Data Sekunder berupa foto dan dokumentasi acara Bokas. Data dianalisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1. Organ musik dalam upacara Bokas yakni terdapat tiga alat musik yakni gong, kenong dan gendang. Alat musik gong terdiri dari lima buah gong, kenong dengan lima buah nada, dan gendang dengan tiga buah nada. 2. Bentuk dan Struktur musik Bokas terdiri dari: a). Musik Batopas merupakan rangkaian awal dari Musik Bokas, dibagian awal ini instrumen yang digunakan adalah gong saja. b). Musik Limpung Jagung mengunakan instrumen gong dengan pola yang tetap, pola irama pada musik Limpung Jagung memiliki irama yang lebih rapat. c). Musik palu Bokas terdapat tiga instrumen yang dimainkan secara simultanitas. Terdapat perpaduan permainan antara instrumen gong, kenong dan gendang yang bergerak sangat dinamis namun saling mengikat. d). Musik Karang Dodo musiknya terjadi interlocking ritme, muncul interlocking yang saling mengisi, lebih rapat secara tempo. e). Musik Sarang Murung terdengan bunyi gong dan kenong memainkan irama secara rampak bersamaan disusul dengan gendang yang memberikan aksen-aksen tertentu pada ketukan-ketukan berat. 3). Alur penyajian musik Bokas yakni : a). Pada sesi pertama ritual dimainkan musik Batompas, musik ini dimainkan memberikan pertanda bahwa bahan atau syarat-syarat ritual sudah siap untuk dihidangkan. b). Prosesi selanjutnya menggunakan musik Limpung Jagung, Palu Bokas, dan Sarang Murung yang dimainkan secara bergantian dengan prosesi menari bersama-sama orang banyak. c). Musik terakhir yakni musik Karang Dodo yang dimainkan pada sesi terakhir ritual sampai prosesi selesai musik kemudian dimatikan dan tidak dimainkan lagi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Sani, M. B. Z . 2021. Musik Tradisional Kuriding Di Desa Ulu Benteng Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala : Bentuk Dan Fungsi Pertunjukan. Jurnal Imaji, 19(2): 183-197.

Lexy J. Meleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Marno. (2023). Pemimpin Balian Bokas asli yang membawakan atau memimpin dalam prosesi ritual Upacara Bokas. Kalahien

Juriat. (2023). Pemangku adat atau mantir adat yang melaksanakan prosesi ritual Upacara Bokas. Kalahien

Jojon. (2023). Masyarakat yang memainkan musik dalam prosesi ritual Upacara Bokas.Kalahien

Diterbitkan

02-01-2024

Cara Mengutip

permana, yohanes, Andin, J. O., & Permana, K. S. (2024). the Analisis Musik Upacara Adat Bokas Di Desa Kalahien Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan: . Tambuleng, 4(2), 36–52. https://doi.org/10.1234/jt.v4i2.10428

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)