TEKNIK DAN PENDEKATAN PENANAMAN NILAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Penulis

  • sagiarlie sagiarlie Mahasiswa

Abstrak

Nilai adalah apa yang orang yakini benar dan menjadi standar untuk menilai sesuatu sebagai baik, benar, berharga, dan berharga. Nilai mendorong kehidupan masyarakat, memberi makna hidup dan melegalkan perilaku masyarakat. Oleh karena itu, nilai-nilai individu dapat berdampak pada masyarakat dan karakteristik bangsa. Pendidikan seolah-olah gagal mendidik nilai-nilai universal seperti kejujuran, kesabaran, kerendahan hati dan amanah. Hal ini dikarenakan proses pendidikan yang terjadi akhir- akhir ini hanyalah pembelajaran mekanistik yang mengabaikan esensi pendidikan sebagai ahli untuk menginternalisasikan nilai-nilai universal dalam kehidupan. Ada beberapa teknik pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam mendidik nilai kepada siswanya, seperti teknik indoktrinasi, teknik penalaran moral, teknik peramalan konsekuensi, teknik klarifikasi dan teknik internalisasi. Pendekatan yang dapat digunakan guru untuk mendidik nilai melalui proses pembelajaran di sekolah adalah pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, emosional, rasional, fungsional dan model peran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

20-06-2022

Cara Mengutip

sagiarlie, sagiarlie. (2022). TEKNIK DAN PENDEKATAN PENANAMAN NILAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Tambuleng, 2(2). Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/tambuleng/article/view/4757

Terbitan

Bagian

Tambuleng (Jurnal Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik)