Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X SMAN Palangka Raya

Authors

  • Hutomo Mandala Putra Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya
  • I Ketut Muder Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya
  • Eriawaty Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya

Keywords:

Pembelajaran, Saintifik

Abstract

Di SMA Negeri 1 Palangka Raya pembelajaran ekonomi menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik. Dengan pendekatan pembelajaran saintifik siswa akan terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan dapat mengekspresikan ide-idenya. Siswa diarahkan berpikir lebih kreatif untuk dapat menerapkan suatu konsep dan diberikan kebebasan untuk mencari informasi melalui berbagai sumber untuk menjawab soal. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan aktivitas guru selama selama implementasi pendekatan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran Ekonomi berlangsung, 2) Mendeskripsikan aktivitas siswa selama implementasi pendekatan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran Ekonomi berlangsung, 3) Mengetahui respon siswa dengan penerapan pendekatan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan pada pertengahan bulan Januari di kelas X SMA Negeri 1 Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017 pada materi  Bank, Lembaga Keuangan bukan Bank, dan Otoritas Jasa Keuangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X-4 SMA Negeri 1 Palangka Raya yang berjumlah 39 orang dan 1 orang guru ekonomi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Selama penerapan pendekatan pembelajaran saintifik berlangsung, pembelajaran diamati oleh peneliti.  Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut bahwa aktivitas guru telah dilaksanakan sesuai dengan proses pendekatan pembelajaran saintifik dan aktivitas siswa juga telah dilaksanakan sesuai dengan proses pendekatan pembelajaran saintifik. Sedangkan rata-rata presentase respon siswa yaitu 82,56% atau rata-rata jawaban siswa kelas X-4 terletak pada kategori sedang terhadap pendekatan pembelajaran saintifik pada mata pelajaran ekonomi. Siswa yang kurang kreatif dalam mencari informasi, dapat mencari informasi dari berbagai sumber yang sesuai baik dari buku ekonomi maupun dari internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Sudrajad, Pendekatan Ilmiah / Saintifik Dalam Proses Pembelajaran, dalam http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/0718/pendekatan-saintifikilmiah-dalam-proses-pembelajaran/, diakses pada tanggal 18 September 2016.

Artikel di unduh pada tanggal 18 September 2016 dari (http://www.salamedukasi.com/2014/06/pengertiandefinisi-pendekatan-saintifik.html).

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, “Pendekatan-pendekatan Ilmiah Dalam Pembelajaran “Dalam Diklat Guru Dalam Rangka Implemantasi Kurikulum 2013; Konsep Pendekatan Saintifik.

Marlenawati, Dinsi. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 113 Bengkulu Selatan. Skripsi. di unduh pada tanggal 22 September 2016 dari http://repository.unib.ac.id/8970/2/I,II,III,I-14-din-FK.pdf.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muzamiroh, L.M (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013 Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kota Pena.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Putra, Eka (2012). Pengertian Respon. Artikel dalam blog di unduh pada tanggal 18 September 2016 dari http://kerjakandanpemahaman. blogspot.com/2012/01/pengertian-respon.html

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Supinah. (2000). Bagaimana Mengukur Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran.Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Sintawati, Reni. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Skripsi. di unduh pada tanggal 22 September 2016 dari http://digilib.uinsuka.ac.id/13660/1/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2021-07-20