https://doi.org/10.37304/jp-ips.v11i02.507

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di MTS Negeri 2 Kota Palangka Raya, O.P. Setiawati, Y.I. Nyalung, Jairi O.P. Setiawati, Y.I. Nyalung, Jairi

  • admin J-ips
Keywords: Kompetensi Profesional Guru , Minat Belajar Siswa

Abstract

ABSTRAK
Beberapa permasalahan yang sering muncul dalam dunia pendidikan adalah, banyaknya
masyarakat yang berminat menggeluti profesi ini, namun sangat sedikit dari mereka yang benarbenar berkompeten di bidang profesi keguruan, atau dengan kata lain belum memenuhi kriteria
kompetensi profesional guru. Guru yang memiliki kompetensi profesional guru adalah guru yang
berkualitas, berkompeten, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan suasana belajar yang
menyenangkan serta mampu mempengaruhi proses belajar siswa yang nantinya akan menghasilkan
minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesinal
guru terhadap minat belajar siswa.
Sampel dalam penelitian ini terdiri dari guru dan siswa. Hasil penelitian ini diperoleh
persamaan regresi linier Y = 7,665 + 0,285X. Dari persamaan tersebut diketahui nilai regresi
variabel X sebesar 0,285 yang berarti bahwa setiap penambahan 1 nilai kompetensi profesional
guru, maka nilai minat belajar siswa bertambah sebesar 0,285.Nilai signifikan = 0,003 < 0,05.
Karenanilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 maka dari itu dapat diartikan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa di
MTsN 2 Kota Palangka Raya.Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi R Square (R2
)
diperoleh nilai R2 = 0,588. Artinya adalah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap minat
belajar siswa sebesar 58,8% dengan kategori sedang. Sedangkan sisanya 41,2% dipengaruhi oleh
variabel – variabel lain diluar model regresi dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru , Minat Belajar Siswa

Published
2019-12-15