Mangku Purel Sebagai Pola Komodifikasi Transaksi Prostitusi di Desa Penataran

Authors

  • alifarifin Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah
  • A. Zahid UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Keywords:

karaoke, mangku purel, setiap manusia

Abstract

Setiap manusia membutuhkan hiburan seperti di hari weekend yang singkat serta tidak memungkinkan untuk berpergian ke luar kota. Sehingga mereka mencari alternatif hiburan yang tempatnya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal mereka. Menanggapi hal tersebut, maka harus ada yang mewadahi salah satunya adalah Karaoke. Karaoke merupakan aktivitas yang populer di mana orang dapat menyanyikan lagu favorit mereka di depan teman-teman atau keluarga. Seperti pada umumnya karaoke yang ada di daerah Desa Penataran menyediakan beberapa ruangan khusus yang digunakan untuk karaoke. Setiap ruangan di siapkan lagu lagu populer, sound sistem dan kelengkapan untuk bernyanyi. Adanya karaoke bisa berdampak pada lingkungan sekitar terutama jika tidak diatur dengan baik. Adanya karaoke bisa berdampak pada lingkungan sekitar terutama jika tidak diatur dengan baik. Adapun fenomena yang terjadi adalah mangku purel sebagai pola komodifikasi prostitusi di Desa Penataran. Dengan adanya fenomena tersebut penelitian ini berfokus pada bagaimana kontribusi mangku purel dalam praktek prostitusi di Desa Penataran. Dan bagaimana prostitusi di samarkan oleh mangku purel sebagai pola Komodifikasi di Desa Penataran. Dengan ini tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kontribusi mangku purel dalam praktek prostitusi di Desa Penataran. Untuk mengetahui bagaimana prostitusi disamarkan oleh mangku purel sebagai pola Komodifikasi di Desa Penataran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angela, Laurencia, Hedy Constancia Indrani, Dan Grace Setiati Kattu. “Implementasi Konsep Smart Pada Perencanaan Interior Coffee Cafe & Roastery Di Surabaya.” Intra 7.2 (2019): 610-618.

Anufia, Budur, And Thalha Alhamid. "Instrumen Pengumpulan Data." (2019).

Baskoro, Bbb (2020). Perencanaan Interior Klub Musik Rock Yang Dirancang Gaya Kontemporer (Disertasi Doktor, Institut Seni Indonesia (Isi) Surakarta).

Hamanda, I. Gede Eka Putra. Pelaksanaan Pemberian Royalti Atas Lagu Yang Diperdengarkan Pada Usaha Hiburan (Karaoke) Di Kabupaten Badung. Diss. Universitas Mahasaraswati Denpasar, 2022.

Hardiyanti, Nila Yani, And Ratih Puspa. "Coffee Culture Di Indonesia: Pola Konsumsi Konsumen Pengunjung Kafe, Kedai Kopi Dan Warung Kopi Di Gresik." Jurnal Media Dan Komunikasi 1.2 (2021): 93-106.

Kusumastuti, Adhi, And Ahmad Mustamil Khoiron. Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (Lpsp), 2019.

Mayestika, Pebyola, And Mira Hasti Hasmira. "Artikel Penelitian." Jurnal Perspektif 4.4 (2021): 519-530.

Muslim, Pak. “Manajemen Stres Selama Pandemi Covid-19.” Esensi : Jurnal Manajemen Bisnis 23.2 (2020): 192-201.

Nurjanah, Miftahul, Dan Bambang Hengky Rainanto. “Review Pelayanan Prima Di Happy Puppy Karaoke Bogor.” Jurnal Aplikasi Bisnis Union 1.2 (2021): 211-218.

Ramadhan, Rofi Setiawan. Pola Hubungan Dan Pelayanan Dalam Praktek Prostitusi Terselubung Di Beberapa Klub Malam Di Kota Pekanbaru. Diss. Universitas Islam Riau, 2022.

Riandi, Teguh. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Batik Tasik Indah. Diss. Universitas Siliwangi, 2020.

Septriani, Meli. Pengaruh Terapi Musik Instrumental Piano Terhadap Penurunan Stres Pada Mahasiswa Magister Kenotariatan Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir . Dis. Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2021

Wardhani, Febila Kusuma, And Renny Dwijayanti. "Pengaruh Store Atmosphere Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya." Jurnal Sains Sosio Humaniora 5.1 (2021): 510-521.

Wawancara Dengan Karyawan Yang Bekerja Di Tempat Caffe Karaoke Z

Yusanto, Yoki. "Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif." Journal Of Scientific Communication (Jsc) 1.1 (2020).

Zainuddin, Muhammad, Et Al. "Pengembangan Big Book Dengan Model Tpack Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Menulis Anak Sd." Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 7.3 (2022): 770-777.

Zein, Mohamad Fadhilah. Panduan Menggunakan Media Sosial Untuk Generasi Emas Milenial. Mohamad Fadhilah Zein, 2019.

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

alifarifin, & A. Zahid. (2024). Mangku Purel Sebagai Pola Komodifikasi Transaksi Prostitusi di Desa Penataran. Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 13(2), 397–413. Retrieved from https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JISPAR/article/view/12855

Issue

Section

Articles