Politik Intervensi Negara dalam Hubungan Industrial Pada Praktik Magang Merdeka

Authors

  • Arya Kusnanta Universitas Indonesia
  • Irwansyah Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/jispar.v13i2.13051

Keywords:

Hubungan Industrial, Magang Merdeka, Pemagangan

Abstract

Penelitian ini menjelaskan kepentingan negara melakukan intervensi hubungan industrial melalui kebijakan Program Magang Merdeka pada mahasiswa di Indonesia. Analisis berlandaskan teori Hyman (2008) tentang intervensi negara dalam hubungan industrial yang mengajukan premis adanya tiga kepentingan yang tidak selalu sejalan, yaitu: (1) Akumulasi melalui fasilitas penyediaan tenaga kerja sebagai upaya mendorong kinerja ekonomi, produktivitas, dan daya saing. (2) Pasifikasi melalui kontrol sosial negara menggunakan metode-metode formal seperti penyediaan lapangan kerja di pabrik maupun represi langsung kepada tenaga kerja; dan (3) Legitimasi melalui penerapan intervensi sosial untuk meningkatkan kesetaraan dan mendukung partisipasi warga dalam proses politik dan ekonomi sehingga tetap mempertahankan persetujuan populer terhadap pemerintahannya. Asumsi awal penelitian ini adalah negara melakukan ketiga kepentingan intervensi negara dalam hubungan industrial pada praktik Magang Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis informasi para pihak yang terlibat dalam program Magang Merdeka  melalui data primer yang didapatkan dari wawancara dengan mitra dan peserta program Magang Merdeka, serta data sekunder dari studi literatur penelitian terdahulu yang membahas aspek filosofis dan teknis dari program Magang Merdeka. Hasil penelitian menemukan bahwa program Magang Merdeka lebih mengakomodasi dua kepentingan utama negara pada program Magang Merdeka, yaitu fungsi akumulasi dan legitimasi. Fungsi akumulasi menunjukkan bahwa program ini membantu mitra untuk mendapatkan tenaga kerja yang fleksibel dan dibiayai pemerintah, sehingga dapat mengabaikan hukum ketenagakerjaan yang membatasi pekerja kontrak dan peserta magang di luar program Magang Merdeka. Sementara fungsi legitimasi terwujud dalam upaya pemerintah membangun program Magang Merdeka sebagai program dengan citra yang positif untuk mendapatkan dukungan populer dari mahasiswa maupun swasta terhadap kebijakan atau programnya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bryman, A. 2012. Social Research Methods, 4th Edition. Oxford: Oxford University Press.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI

Hyman, R. 2008. “The State in Industrial Relations”, dalam Blyton, et al (Eds.), SAGE Handbook of Industrial Relations. Los Angeles: SAGE.

Tim Microdential. 2021. Panduan Singkat Magang Dan Studi Independen Bersertifikat Untuk Mahasiswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tummers, L. 2017. Bureaucracy and Policy Alienation. In: Global Encyclopedia of Public Administration, Public Policy, and Governance (3rd edition), edited by A. Farazmand (ed.). 1-8. New York: Springer Nature

Artikel Jurnal

Afriansyah, A., Voak, A., Fairman, B., Suryono, I. L., & Muslim, F. 2022. Implementing Kampus Merdeka: The Journey of a Thousand Miles Begins with One Tentative Step. Journal of Resilient Economies, 2(2): 49-54.

Bawica, I. M. 2021. The Effects of Internship Program on the Employability Readiness. International Journal of Academe and Industry Research, 2(3): 86-101.

Brewis, E. 2018. Fair access to higher education and discourses of development: a policy analysis from Indonesia. Compare: A Journal of Comparative and International Education, 49(3): 1-18.

Cannella, G. S., & Koro-Ljungberg, M. 2017. Neoliberalism in higher education: Can we understand? Can we resist and survive? Can we become without neoliberalism? Cultural Studies Critical Methodologies, 17(3): 155–162.

European Centre for the Development of Vocational Training. 2022. Built to last: apprenticeship vision, purpose, and resilience in times of crisis: short papers from the Cedefop community of apprenticeship experts. Cedefop working paper, No 12.

Evans, M. 2020. Navigating The Neoliberal University: Reflecting on Teaching Practice as A Teacher-Researcher-Trade Unionist. British Journal of Sociology of Education, 41(4): 574-590.

Hadinata, F. 2021. Analisis Filosofis Implementasi Merdeka Belajar sebagai Instrumen Kesetaraan dan Pendidikan Demokratis. MOZAIK HUMANIORA, 21(2): 158–168.

Hasan, A. & Hoesin, S. H. 2022. Analisa Hukum Terhadap Pelaksanaan Program Pemagangan “Kampus Merdeka” Oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. PALAR (Pakuan Law Review), 8(1): 667-678.

Hutchinson, J. 2016. The State and Employment Relations in the Philippines. Journal of Industrial Relations, 58(2): 183-198.

Kodrat, D. 2021. Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(1): 9-14.

Mala, G., Akash, G., & Jewel, S. 2020. A Study On Impact Of Internship On Regular Studies Of Undergraduate Students. International Journal of Advance and Innovative Research, 7(1): 92-99.

Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. 2022. Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1): 675-685

Rachmat, Hartono, & Muharrar, S. 2022. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Objektifikasi Kritis Pendidikan Seni. BOTING LANGI: Jurnal Seni Pertunjukan, 1(4): 215-225.

Siminjutak, P., Voak, A., & Fairman, B. 2022. A Historical Account of VET Interventions in Indonesia: Which Way forward? Asian Journal of University Education, 18(2): 544-553.

Sodik, J., Purwiyanta & Wijayanti, D. L. 2021. Research Synergy Foundation Village Economic Potential For The Implementation Of Learning Building Village / KKN Thematic MBKM Program Economic Study Program Development Department Of Economics, Faculty Of Economics And Business Of The UPN "Veteran" Yogyakarta. RSF Conference Series: Business, Management And Social Sciences, 1(3): 179-184.

Syah, E. H. & Taun. 2023. Tinjauan Program Magang Kampus Merdeka dalam Aspek Hukum Ketenagakerjaan. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 22(1): 31-44.

Dokumen Lainnya

Gani, A. W., Malliongi, M. T., & Zainuddin, M. S. 2022. Neoliberalism and Higher Education in Indonesia (Re-scrutinizing the policy of the Independent Campus). Seminar Nasional Hasil Penelitian 2022 “Membangun Negeri dengan Inovasi tiada Henti Melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat”. LP2M-Universitas Negeri Makassar

Muslim, A. Q., Muttaqin, A., Aziz, A. L., Putri, D. M. S., & Sabila, A. I. 2021. The Twists and Turns of State Universities with Legal Entity Status (PTN-BH) as a Form of Decentralization of Higher Education in Indonesia. 3rd Annual International Conference on Public and Business Administration (AICoBPA 2020). Atlantis Press.

Riandy, D. & Tapiheru, J. E. S. 2022. Di Balik Magang: Normalisasi Prekarisasi Mahasiswa dalam Iklim Neoliberal (Studi Kasus Magang "Merdeka Belajar-Kampus Merdeka" di Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Skripsi. Universitas Gadjah Mada.

Susilo, J. 2021. Neoliberalisasi Pendidikan Tinggi Restrukturalisasi Institusi Dan Perlawanan Gerakan Mahasiswa Kini (Studi Pasca PTN-BH UGM 2012-2020). Skripsi. Universitas Gadjah Mada.

Toyibah, D. 2018. Neoliberalism and Inequality in Higher Education. Proceedings of the 1st International Conference on Recent Innovations (ICRI 2018): 1590-1597.

Wirayudha, N. A. 2023. Eksploitasi Mahasiswa Pekerja Magang dalam Pemagangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai Bentuk Perbudakan Modern. Skripsi. Universitas Indonesia

Artikel Online

Adinda, P. 2022. Normalisasi Magang oleh Kampus Merdeka di Tengah Kosongnya Perlindungan Hukum. Diakses dari (https://projectmultatuli.org/normalisasi-magang-oleh-kampus-merdeka-di-tengah-kosongnya-perlindungan-hukum/, diakses 8 Februari 2024).

Kemdikbudristek. 2024. Program MSIB Angkatan 6 Kemendikbudristek Siap Hasilkan 40.000 Lebih Talenta Muda Masa Depan, (Online), (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/02/program-msib-angkatan-6-kemendikbudristek-siap-hasilkan-40000-lebih-talenta-muda-masa-depan#:~:text=Pada%20tahun%20ini%2C%20telah%20terpilih,program%20MSIB%20diluncurkan%20pada%202021, diakses 29 Maret 2024)

Kemdikbudristek. 2023. Vokasifest x Kampus Merdeka Bahas Pentingnya Kampus Merdeka sebagai Wadah Pengembangan SDM Unggul, (Online), (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/vokasifest-x-kampus-merdeka-bahas-pentingnya-kampus-merdeka-sebagai-wadah-pengembangan-sdm-unggul, diakses 29 Maret 2024)

Rustandi, D. 2020. Merajut Ekosistem Pentahelix melalui Merdeka Belajar: Kampus Merdeka, (Online), (https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/merajut-ekosistem-pentahelix-melalui-merdeka-belajar-kampus-merdeka/, diakses 11 Maret 2024).

Widiyana, E. 2021. Nadiem Sebut Banyak Kepala Prodi Langgar Aturan soal MBKM, (Online), (https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5777092/nadiem-sebut-banyak-kepala-prodi-langgar-aturan-soal-mbkm, diakses 24 Juni 2024)

Wawancara Informan

A.F., peserta program Magang Merdeka, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

B.A., peserta program Magang Merdeka, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

G.A., peserta program Magang Merdeka, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

H.E., peserta program Magang Merdeka, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

H.M., peserta program Magang Merdeka, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

H.S.K., peserta program Magang Merdeka, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

J.M., peserta program Magang Merdeka, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

K.K., peserta program Magang Merdeka, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

L.K., peserta program Magang Merdeka, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

Pekerja PT A, perusahaan media, wawancara dengan penulis, April 2024.

Pekerja PT P., perusahaan asuransi, wawancara dengan penulis, April 2024

Pekerja PT ED, perusahaan media, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

Pekerja PT I, perusahaan konsultan, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

Pekerja PT JI, perusahaan teknologi penyedia jasa transportasi, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

R.A., peserta program Magang Merdeka, wawancara dengan penulis, Maret 2024.

Tim MSIB, institusi penyelenggara program Magang Merdeka, wawancara dengan penulis, Mei 2024.

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Kusnanta, A., & Irwansyah. (2024). Politik Intervensi Negara dalam Hubungan Industrial Pada Praktik Magang Merdeka . Journal Ilmu Sosial, Politik Dan Pemerintahan, 13(2), 470–486. https://doi.org/10.37304/jispar.v13i2.13051

Issue

Section

Articles