Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Di MTS Negeri 2 Kota Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/jp-ips.v11i02.507Keywords:
Kompetensi Profesional Guru, Minat Belajar SiswaAbstract
Beberapa permasalahan yang sering muncul dalam dunia pendidikan adalah, banyaknya masyarakat yang berminat menggeluti profesi ini, namun sangat sedikit dari mereka yang benarbenar berkompeten di bidang profesi keguruan, atau dengan kata lain belum memenuhi kriteria kompetensi profesional guru. Guru yang memiliki kompetensi profesional guru adalah guru yang berkualitas, berkompeten, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan suasana belajar yang menyenangkan serta mampu mempengaruhi proses belajar siswa yang nantinya akan menghasilkan minat belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesinal guru terhadap minat belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari guru dan siswa. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier Y = 7,665 + 0,285X. Dari persamaan tersebut diketahui nilai regresi variabel X sebesar 0,285 yang berarti bahwa setiap penambahan 1 nilai kompetensi profesional guru, maka nilai minat belajar siswa bertambah sebesar 0,285.Nilai signifikan = 0,003 < 0,05. Karenanilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 maka dari itu dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa di MTsN 2 Kota Palangka Raya.Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi R Square (R2) diperoleh nilai R2 = 0,588. Artinya adalah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap minat belajar siswa sebesar 58,8% dengan kategori sedang. Sedangkan sisanya 41,2% dipengaruhi oleh variabel – variabel lain diluar model regresi dalam penelitian ini.