Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Pada Materi Perilaku Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Global Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX 2 Semester I SMPN 3 Selat Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2015/2016
Keywords:
Perilaku Masyarakat, Model JigsawAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respons peserta didik dalam pembelajaran IPS menggunakan model kooperatif tipe jigsaw, serta hasil belajar IPS peserta didik selama pembelajaran menggunakan model tipe jigsaw. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu: 1) Perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.2 Tahun Ajaran 20125/2016 yang berjumlah 25 orang. Materi pembelajaran IPS yang diberikan yaitu materi Perilaku Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Global. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan tes yang dilakukan terhadap peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 3 Selat Kuala Kapuas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tipe jigsaw terbukti efektif hal ini ditunjukkan dari peningkatan nilai rata-rata kelas dari 38,4 menjadi 64,8 sedangkan persentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 12%, menjadi 88%. Siswa juga memberikan respons yang positif terhadap pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Umumnya sebagian besar siswa merasa senang dan berminat mengikuti pembelajaran IPS selanjutnya dengan menggunakan pembelajaran yang sama. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw pada materi Perilaku Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Global dapat meningkatkan hasil belajar siswa IX.2 SMPN-3 Selat Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2015/2016.