Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan di SMPN 4 Kapuas Barat Satu Atap Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpips.v10i02.1099Keywords:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bimbingan BerkelanjutanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan enam orang guru mata pelajaran diantaranya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, IPA, IPS, dan Penjaskes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April 2015 di SMP Negeri 4 Kapuas Barat Satu Atap semester II tahun pelajaran 2014/2015. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu sebesar 17 %( siklus I (75%), siklus II (92%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan bimbingan berkelanjutan dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran SMP Negeri 4 Kapuas Barat Satu Atap digunakan sebagai salah satu alternatif membantu guru dalam menuysun rencana pelaksanaan pembelajaran.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-06-18 (3)
- 2020-06-18 (2)
- 2019-10-17 (1)