Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IX B SMP Swasta Muhammadiyah Kuala Kapuas Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015

Authors

  • Siti Baidah Kuala Kapuas

Keywords:

belajar IPS, pembelajaran terstruktur, pemberian tugas

Abstract

Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam persiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April  2015 di SMP Swasta Muhammadiyah Kuala Kapuas kelas IX B semester II tahun pelajaran 2014/2015. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (65%), siklus II (85%),  Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran terstruktrur dengan pemberian tugas dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Swasta Muhammadiyah Kuala Kapuas, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-17