Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Observasi Supervisi Kependidikan di SDN 6 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpips.v10i02.1101Keywords:
Kompetensi, Kinerja Guru, Observasi Supervisi KependidikanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ragam kompetensi guru dan mengidentifikasikan faktor-faktor yang terabaikan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di SDN 6 Selat Hilir. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SDN 6 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian 6 (enam) orang guru. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Setelah dilaksanakan tindakan penelitian dalam dua siklus, secara empiris diperoleh data bahwa Guru SDN 6 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas yang memiliki kompetensi tinggi dalam penyusunan Rencana Pembelajaran dan mempraktekkannya dengan baik akan mendapatkan hasil proses belajar mengajar yang baik. Dari kondisi pada siklus I terhadap penilaian terhadap rencana pembelajaran yang baik yang disusun oleh guru dalam kategori cukup dengan rata-rata 76,67, dan memperhatikan hasil pada siklus II dalam menyusun dan mempraktekkan rencana pembelajaran yang baik ada peningkatan dengan kategori Baik dengan rata-rata 86,6. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui Observasi Supervisi Kependidikan maka kompetensi dan kinerja guru SDN 6 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas dapat ditingkatkan.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-06-18 (2)
- 2019-10-17 (1)