Upaya Meningkatkan Prestasi Kerja Guru Melalui Peran Pembinaan Kepala Sekolah di SDN 3 Sekat Tengah Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas

Authors

  • Netty Sormin Kuala Kapuas

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpips.v11i1.1107

Keywords:

Prestasi Kerja, Pembinaan Kepala Sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah,  strategi  kepala  sekolah dan  untuk  mengetahui  faktor  pendukung dan penghambat dalam pembinaan prestasi kerja guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan empat orang guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan, reduksi data, penyajian  data  dan  penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam pembinaan prestasi kerja guru dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi maupun keadaan guru agar pretasi kerja dapat tercapai, strategi yang dilaksanakan kepala sekolah dengan memberikan motivasi,  pengembangan  kreatifitas,  mempercepat  karir  guru dan meningkatkan kesejahteraan guru yang belum terlaksana dengan maksimal karena dipengaruhi oleh pendapatan sekolah yang masih minin, faktor ekonomi sosial dan budaya.  Faktor penghambat prestasi kerja guru: kurangnya fasilitas yang memadai, guru kurang mendukung dalam kegiatan pembinaan prestasi kerja guru, kurangnya tenaga ahli dalam pembinaan prestasi kerja guru. Faktor pendukung prestasi kerja guru: kepala sekolah senantiasa memberi arahan maupun dorongan terhadap guru yang memiliki kinerja terbaik dan guru biasa saja, sebagian guru sangat mendukung program pembinaan prestasi yang direncanakan oleh guru dan kepala sekolah, guru antusias dalam mengikuti pembinaan prestasi kerja guru guna pengembagan kopetensi, pengalaman dan pengetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-14 — Updated on 2020-05-19

Versions