Upaya Meningkatkan Prestasi Kerja Guru Melalui Peran Pembinaan Kepala Sekolah di SDN 3 Sekat Tengah Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpips.v11i1.1107Keywords:
Prestasi Kerja, Pembinaan Kepala SekolahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah, strategi kepala sekolah dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan prestasi kerja guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan empat orang guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam pembinaan prestasi kerja guru dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi maupun keadaan guru agar pretasi kerja dapat tercapai, strategi yang dilaksanakan kepala sekolah dengan memberikan motivasi, pengembangan kreatifitas, mempercepat karir guru dan meningkatkan kesejahteraan guru yang belum terlaksana dengan maksimal karena dipengaruhi oleh pendapatan sekolah yang masih minin, faktor ekonomi sosial dan budaya. Faktor penghambat prestasi kerja guru: kurangnya fasilitas yang memadai, guru kurang mendukung dalam kegiatan pembinaan prestasi kerja guru, kurangnya tenaga ahli dalam pembinaan prestasi kerja guru. Faktor pendukung prestasi kerja guru: kepala sekolah senantiasa memberi arahan maupun dorongan terhadap guru yang memiliki kinerja terbaik dan guru biasa saja, sebagian guru sangat mendukung program pembinaan prestasi yang direncanakan oleh guru dan kepala sekolah, guru antusias dalam mengikuti pembinaan prestasi kerja guru guna pengembagan kopetensi, pengalaman dan pengetahuan.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-05-19 (2)
- 2019-10-14 (1)