Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema Lingkungan Materi Memahami Peristiwa Penting Dalam Keluarga Secara Kronologis Dengan Menggunakan Metode Role Playing Dengan Media Gambar Kelas II SDN 1 Teluk Palinget Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Muslikhah Muslikhah Kuala Kapuas

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpips.v11i1.1111

Keywords:

Hasil Belajar IPS, Metode Role Playing

Abstract

Penelitian menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna meningkat hasil belajar IPA dengan model Pembelajaran inkuiri menggunakan pada tema Diri Lingkungan pada kelas II SD Negeri 1 Teluk Palinget Kecamatan Pulau Petak. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II (dua) Sekolah Dasar Negeri 1  Teluk Palinget Kecamatan Pulau Petak  Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 21 orang peserta didik. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar individu dan secara klasikal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ada Peningkatan Aktivitas Pembelajaran pada pembelajaran awal sebelum tindakan adalah 52%, dengan dilakukannya tindakan pembelajaran model pembelajaran Menggunakan metode Role Palying pada siklus I meningkat menjadi 67%, dan pada siklus II dengan persentase aktivitas pemBelajaran memenuhi standar ketuntasan efektifitas belajar mencapai 100%.Ada Peningkatan hasil pembelajaran data awal diperoleh nilai rata-rata pembelajaran dari 69,33 atau 52% pra tindakan pembelajaran, setelah dilaksanaan pembelajaran dengan metode Menggunakan metode Role Palying meningkat menjadi 71,62 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 67%. Pada Siklus II rata-rata nilai meningkat menjadi 75,48 dengan ketuntasan 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-14 — Updated on 2020-05-19

Versions