Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Peninggalan Sejarah Beskala Nasional Dengan Pendekatan Pembelajaran Resitasi (Penugasan) Pada Peserta Didik Kelas V SDN 1 Tabore Kecamatan Mantangai Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Punding Punding Kuala Kapuas

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpips.v11i1.1112

Keywords:

Kemampuan, Belajar IPS, Metode Resitasi

Abstract

Penelitian menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna meningkat hasil belajar IPS. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Pembelajaran dengan metode belajar aktif metode Resitasi (Penugasan) pada materi Peninggalan Sejarah berskala nasional pelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu siklus I (62,96%), siklus II (77,78%), siklus III (88,89%). Penerapan metode belajar aktif metode Resitasi (Penugasan) pada materi Peninggalan Sejarah berskala nasional pelajaran mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban peserta didik yang menyatakan bahwa peserta didik tertarik dan berminat dengan metode belajar aktif metode Resitasi (Penugasan) pada materi Peninggalan Sejarah berskala nasional pelajaran sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar Penerapan metode belajar aktif metode Resitasi (Penugasan) pada materi Peninggalan Sejarah berskala nasional pelajaran efektif untuk mengingatkan kembali materi Peninggalan Sejarah berskala nasional ajar yang telah diterima peserta didik selama ini, sehingga mereka merasa siap untuk menghadapi ujian kenaikan kelas yang segera akan dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-14 — Updated on 2020-05-19

Versions