Strategi Usaha Dengan Analisis SWOT Pada Rental Adinda Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpips.v12i1.1135Keywords:
Strategi bisnis, Analisis SWOTAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah strategi bisnis untuk mengembangkan produk layanan rental yang masih jarang terlibat dan memiliki peluang besar, memiliki nilai kontinuitas tinggi untuk masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Sewa Adinda Palangka Raya menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan bisnis untuk mengembangkan sektor usaha mikro / UKM yang ditinjau dari tantangan di dalam dan di luar bisnis / lingkungan menggunakan analisis SWOT. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif. Tahapan penelitian: 1) persiapan; 2) implementasi; dan 3) pelaporan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan analisis studi dokumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Rental Adinda Palangka Raya telah menjalankan analisis SWOT dalam bisnisnya, meskipun manajemen belum berjalan secara optimal. Kekuatan (S): item / alat permainan selalu beragam dan diperbarui, banyak unit dari satu item, mengikuti anggaran pelanggan. Kelemahan (W): barang hilang / dibawa pergi, sulit untuk mengontrol barang yang ada di pelanggan, barang tidak selalu tersedia. Peluang (O): mampu bersaing dengan harga murah, metode pemasaran online, dan pesaing minimal dari jenis bisnis yang sama telah sangat membantu bisnis ini berkembang pesat di Kota Palangka Raya. Ancaman (T): Pesaing, barang yang mudah rusak. Diharapkan bahwa hasil penelitian akan digunakan dalam mengembangkan bisnis ini ke tingkat yang lebih besar sehingga dapat membantu masyarakat menciptakan pekerjaan baru dan menambah nilai dalam belajar tentang bisnis yang harus dimiliki pengusaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal.