Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan di SMK Negeri 1 Mantangai Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas Tahun 2017

Authors

  • Unteng Unteng Kuala Kapuas

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpips.v9i01.1137

Keywords:

Supervisi Akademik, Kompetensi Guru

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Dan dilakukan pada siswa SMK Negeri 1 Mantangai. Hasil Penelitian: 1) Supervisi akademik secara berkelanjutan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP di SMK Negeri 1 Mantangai Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah silabus guru yang baik dari 31% menjadi 83% setelah supervise akademik. Selain itu jumlah RPP yang berkualitas baik juga meningkat dari 31% menjadi 89%. (Perbandingan tabel 9 dan tabel 12). 2) Langkah-langkah yang mengakibatkan terjadinya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP tersebut meliputi langkah-langkah sebagai berikut: a)Pengumuman rencana supervisi terhadap guru.  b) Pelaksanaan supervise individual, dimana setiap guru diminta mempresentasikan silabus dan RPP-nya kepada kepala sekolah, kemudian kepala sekolah memberikan masukan terhadap kekurangan silabus dan RPP guru. c) Untuk mengecek originalitas silabus dan RPP yang disusun guru, kepala sekolah melakukan supervise kelas. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan rencana yang dimuat dalam silabus dan RPP dengan penerapannya di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-14 — Updated on 2020-06-18

Versions