Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan di SMP Swasta Muhammadiyah Kuala Kapuas Tahun 2016/2017

Authors

  • Zaitun Zaitun Kuala Kapuas

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpips.v10i02.1138

Keywords:

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bimbingan Berkelanjutan

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Kemampuan Guru  Dalam   Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan  penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan enam orang guru mata pelajaran diantaranya mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, IPA, IPS, dan Penjaskes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April  2015 di SMP Negeri 4 Kapuas Barat  Satu Atap semester II tahun pelajaran 2014/2015. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu sebesar 17 %( siklus I (75%), siklus II (92%) Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan bimbingan berkelanjutan dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran  SMP Negeri 4 Kapuas Barat Satu Atap digunakan sebagai salah satu alternatif membantu guru dalam menuysun rencana pelaksanaan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-17 — Updated on 2020-06-18

Versions