Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Gaya Dapat Mengubah Gerak atau Bentuk Suatu Benda dengan Metode Praktik Pada Peserta Didik kelas IV SDN 2 Sungei Hanyo Tahun Pelajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpips.v10i02.1139Keywords:
Hasil Belajar, IPS, PraktikAbstract
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 2 Sungei Hanyo Kecamatan Kapuas Hulu Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 24 orang peserta didik. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar individu dan secara klasikal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ada peningkatan aktivitas pembelajaran pada pembelajaran awal sebelum tindakan adalah 42%, dengan ketuntasan hasil belajar 33% dan nilai rata-rata 67,63. Dengan dilakukannya tindakan pembelajaran metode Praktik pada siklus I aktivitas meningkat menjadi 67% ketuntasan hasil belajar 67% dan nilai rata-rata 70,58, dan pada siklus II dengan persentase aktivitas pembelajaran memenuhi standar ketuntasan efektifitas belajar mencapai 100% dengan nilai rata-rata 75,5. Ada Peningkatan hasil pembelajaran siklus I diperoleh nilai rata-rata pembelajaran dari 67,83 pra tindakan pembelajaran, setelah dilaksanaan pembelajaran dengan metode praktik meningkat menjadi 70,58 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 67%. Pada Siklus II rata-rata nilai meningkat menjadi 75,50 dengan ketuntasan 100%. Direkomendasikan Bagi guru agar bisa melakukan pembelajaran yang inovatif guna mengatasi masalah pembelajaran dan dapat digunakan sebagai referensi teknik pembelajaran model praktik karena hasil pembelajaran yang baik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-06-18 (2)
- 2019-10-17 (1)