Upaya Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pengajar Dalam Pembuatan Perangkat Pembelajaran Melalui Kegiatan In House Training (IHT) Pada SDN 5 Selat Hilir Tahun 2017
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpips.v10i02.1140Keywords:
Kompetensi, perangkat pembelajaran, In House Training (IHT)Abstract
Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan pada SDN 5 Selat Hilir tahun 2010 dengan tujuan meningkatkan kompetensi tenaga pengajar melalui pengadaan pembuatan perangkat pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru-guru pada SDN 5 Selat Hilir yang berjumlah 10 orang dengan teknik penelitian adalah penelitian tindakan sekolah dengan pengolahan data secara kualitatif berdasarkan persentase ketercapaian yang dijabarkan secara deskriptif berdasarkan siklus penelitian yang dilaksanakan dalam tiga siklus meliputi kaedah PTS yaitu Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi disetiap siklusnya. Adapun hasil penelitian diperoleh Motivasi dan efektivitas tenaga Pengajar dalam mengikuti kegiatan pengadaan menyusun Perangkat pembelajaran ada peningkatan dari pengamatan observasi aktivitas tenaga Pengajar menunjukkan keseriusan dalam memahami dan pengadaan kompetensi melalui pengadaan Pengadaan Perangkat pembelajaran bagi tenaga Pengajar dilingkunan SDN 5 Selat Hilir dari pra siklus I dari dibawah 50% menjadi 67 % siklus II dan meningkat lagi dalam menyusun Pengadaan Perangkat pembelajaran dengan persentase 78% pada Siklus III memenuhi tujuan penelitian ? 70% untuk praktik dan kemampuan membuat perangkat pembelajaran. Pelaksanaan pengadaan meningkatkan kompetensi tenaga Pengajar dalam menyusun Perangkat pembelajaran. hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi tenaga Pengajar dalam melaksanakan perangkat pembelajarandi kelas dari siklus I sebesar 5,7 meningkat ke siklus II menjadi 6,7 dan siklus III mencapai sangat signifikan meningkat menjadi 7,8.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-06-18 (2)
- 2019-10-17 (1)