Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di SMPN 1 Mandau Talawang Satu Atap Kecamatan Mandau Talawang Kabupaten Kapuas
DOI:
https://doi.org/10.37304/jpips.v8i02.1144Keywords:
CTL, kualitas pembelajaran, keterampilan guru, aktivitas siswaAbstract
Berdasarkan observasi awal pada kegiatan pembelajaran di kelas VII SMP Negeri 1 Mandau Talawang Satu Atap terdapat permasalahan. Pembelajaran masih berpusat pada guru. Siswa pasif hanya menerima pengetahuan yang di berikan oleh guru. Guru jarang menggunakan alat peraga atau media dalam pembelajaran IPS/Ekonomi. Siswa hanya diberikan materi untuk diterima dan di hafalkan tanpa melalui diskusi kelompok. Hal ini menyebabkan kualitas pembelajaran IPS/Ekonomi rendah. Pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) merupakan salah satu pendekatan yang dapat mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Meningkatkan prestasi belajar siswa melalu pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada mata pelajaran IPS/Ekonomi di SMPN-3 Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajarIPS/Ekonomi di SMPN 1 Mandau Talawang Satu Atap Kecamatan Mandau Talawang Kabupaten Kapuas.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-06-18 (2)
- 2019-10-14 (1)