This is an outdated version published on 2019-10-14. Read the most recent version.

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan/Entrepreneurship Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok dan Diskusi Pada Siswa Kelas SMKN Kecil Teweh Tengah

Authors

  • Suyati Suyati Kuala Kapuas
  • Kuwing Baboe Universitas Palangka Raya
  • Yanson I Nyalung Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpips.v8i02.1145

Keywords:

Prestasi belajar, Kewirausahaan

Abstract

Hasil penelitian menunjukan upaya yang dilakukan guru kewirausahaan/entrepreneurship dalam meningkatkan prestasi belajar siswa berhasil dengan baik yaitu dapat mencapai tingkat ketuntasan setelah direncanakan perbaikan melalui penggunaan metode kerja kelompok dan diskusi pada materi kewirausahaan/entrepreneurship. Dalam PTK yang dilaksanakan ini pada pra pembelajaran sebelum menggunakan metode pembelajaran kerja kelompok dan diskusi kelompok hasil /prestasi (awal) yang diperoleh dari 40 siswa hanya 16 (40%) siswa yang dapat mencapai tingkat ketuntasan yang artinya 24 siswa (60%) dengan nilai rata-rata kelas hanya 56,88 yang perlu diperbaiki prestasinya melalui perencanaan perbaikan metode pembelajaran yaitu metode kerja kelompok dan diskusi dalam proses pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk RPP yang dilaksanakan dalam siklus I menunjukan hasil yang signifikan yaitu prestasi siswa meningkat menjadi 22 siswa   (55%) yang belum mencapai 19 orang dengan nilai 62,08 rata-rata kelas, dan hasil pengamatan supervisor pada aktivitas guru dengan menggunakan metode kerja kelompok dan diskusi mendapatkan nilai skor 3 dengan kriteria  baik, demikian  pada aktivitas siswa mendapatkan nilai skor 2,8 dengan kriteria cukup, karena hasilnya belum maksimal maka  masih perlu perencanaan perbaikan agar dapat mencapai tingkat ketuntasan yaitu pada siklus ke II  menunjukan hasil yang memuaskan yaitu prestasi siswa meningkat menjadi 73,88 melebihi tingkat ketuntasan dan dari pengamat jugamendapatkan nilai aktivitas guru yang memperoleh skor 4 dengan kriteria sangat baik, demikian pula nilai aktivitas siswa memperoleh skor 4 dengan kriteria sangat baik juga mengalami peningkatan dari sebelumnya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-10-14

Versions