Pengembangan Media Pembelajaran FLIPBOOK Digital Legenda Pulau Kemarau Pada Pembelajaran IPS

Authors

  • Malik Abdul Aziz Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Idris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang
  • David Budi Irawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang

Keywords:

4D, Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook digital, legenda Pulau Kemarau, Valid, Praktis

Abstract

Legenda Pulau Kemarau merupakan salah satu materi yang membutuhkan media pendukung dengan visualisasi yang tepat. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook digital legenda pulau kemarau untuk mengajarkan multikulturalisme pada pembelajaran IPS kelas III SD yang valid dan  praktis, media pembelajaran flipbook digital legenda pulau kemarau yang telah dikembangkan. Berdasarkan pada hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan bersama guru di kelas III SDN 12 Sungai Rotan, minimnya pemahaman siswa dalam materi multikulturalisme karena hanya terfokus dengan buku saja dan kurangnya pemanfaatan teknologi pada guru saat pembelajaran berlangsung. Sehingga membutuhkan media pembelajaran pada saat pembelajaran berlangsung untuk membantu peserta didik agar lebih aktif, termotivasi saat belajar, dan tidak mudah merasa bosan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang telah diadaptasi menjadi 3D. Terdapat tiga tahap pada model 4D yang diadaptasi menjadi 3D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan). Berdasarkan hasil validasi pakar (expert review) rata-rata sebesar 95,71% dengan kriteria "sangat valid". Berdasarkan hasil uji skala kecil dan uji skala besar memperoleh rata-rata sebesar 88,4% dengan kriteria "sangat praktis". Berdasarkan dari hasil presentasi di atas menunjukkan bahwa media pembelajaran flipbook digital legenda pulau kemarau yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar, A. I. P. (2022). Model Pembelajaran E-Split Classroom untuk Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar (M. P. Dr. Mardhiah (ed.)).

Cholily, Y. M., Hasanah, S. N., Effendi, M. M., & Putri, O. R. U. (2021). Literasi Digital Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Space Geometry Flipbook (Sgf). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1736. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3898

Dora, A., & Idris, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Sejarah Penyebaran Islam Di Kecamatan Sirah Pulau Padang. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i1.2941

Idris, M., Chairunisa, E. D., & Saputro, R. A. (2020). Akulturasi Budaya Hindu- Budha Dan Islam Dalam Sejarah Kebudayaan Palembang. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 5(2), 103–111. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i2.3552

Irawan, D. B. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN SUBTEMA LINGKUNGAN SOSIALKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6, 4. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Rahmandani, S. N., Idris, M., & Ayurachmawati, P. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Permulaan Untuk Siswa Kelas I SD Negeri 90 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1545–1550.

Ririn Marcela, Muhamad Idris, K. A. (2022). pengembangan media permainan ular tangga dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang.

Sugiyono. (2021). Metode PENELITIAN PENDIDIKAN (Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan) (M. T. Dr. April Nuryanto, S.Pd., S.T. (ed.); edisi ke 3). ALFABETA, cv.

Sutarti, T. (2017). KIAT SUKSES MERAIH HIBAH PENELITIAN PENGEMBANGAN (Mulyadi (ed.)). Pendidikan, 4, 54.

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/561

Widodo, A. (2020). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6359

Widyasari, I., Zetriuslita, Istikomah, E., & Herlina, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas VII SMP. Jurnal Derivat, Volume 8 N.

Downloads

Published

2024-06-15