Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Mengatasi Krisis Identitas Akibat Penggunaan Media Sosial

Authors

  • Taufiq Hidayat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Suryadi Fajri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Keywords:

Social media, Identity crisis, Self-confidence, Social studies

Abstract

This research is motivated by the influence of social media on identity crises. Students at the junior high school level are active social media users. Because social media has become a center for information. An identity crisis arises in students if they become a minority on social media. The influence of social media on students includes aspects of how to think, adapt and behave socially. The aim of this research is to develop ideal and confident student character. This research is the result of research based on a literature review (library research). Because the research method used is a qualitative method which is presented descriptively and analytically. The results of this research are to provide understanding to social studies teachers in efforts to overcome identity crises in students. Basically, social studies education has an influence on increasing students' self-confidence, namely; foster feelings of respect in one's environment and accept one's own situation without comparing it with others.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaruddin, H. (2023). Ilmu Pengetahuan Sosial: Problematika dan Solusinya. PRIMER: Journal of Primary Education Research, 1(1), 24–33.

Antu, M. S., Zees, R. F., & Nusi, R. A. (2023). Hubungan Kekerasan Verbal (Verbal Abuse) Orang Tua dengan Tingkat Kepercayaan Diri pada Remaja. Jurnal Ners: Research & Learning in Nursing Science, 7(1), 425–433.

Anwaroti, I., & Humaisi, S. (2020). Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Konsep Diri Siswa. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(2), 115–126.

https://doi.org/10.21154/asanka.v1i2.2204

Ardiyansyah, R., Kurniawan, R., & Poerbaningtyas, E. (2024). Perencanaan Motion Comic Cerita Perwayangan Bima dan Dewi Ruci untuk Krisis Identitas pada Remaja. Citradirga: Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia, 6(1), 60–75.

https://doi.org/10.33479/cd.v6i01.931

Ariani, K. B., Sukadi, S., & Kertih, I. W. (2021). Kontribusi Konsep Diri, Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP N 1 Mengwi. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 139–150.

https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.37537

Awang, J. A., Prayitno, I. S. P., & Engel, J. D. (2021). Strategi Pendidikan Agama Kristien bagi Remaja dalam Membentuk Konsep Diri guna Menghadapi Krisis Identitas akibat Penggunaan Media Sosial. Kharismata : Jurnal Teologi Pantekosta, 4(1), 98–114.

https://doi.org/10.47167/kharis.v4i1.64

Canida, R. (2023). Upaya Meningkatkan Konsep Diri dan Motivasi Belajar Siswa dengan Layanan Bimbingan Klasikal. Journal of Innovation Research and Knowledge (JIRK), 2(12), 4529–4536.

https://doi.org/10.53625/jirk.v2i12.5606

Dewi, F. N. R. (2021). Konsep Diri pada Masa Remaja Akhir dalam Kematangan Karir Siswa. Journal of Guidance and Counseling (Konseling Edukasi), 5(1), 46–62.

https://doi.org/10.21043/konseling.v5i1.9746

Fauziyah, A. I., & Hasibuan, R. (2020). Pengaruh Metode Eksperimen Tema Gejala Alam Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Sebab-Akibat Pada kelompok B di TK Labschool UNESA. Jurnal PAUD Taratai, 9(1), 1–9.

Gunawan, P., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2021). Kontribusi Konsep Diri, Disiplin Belajar, dan Ekspektasi Karir terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(2), 66–76.

https://doi.org/10.23887/pips.v5i2.424

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosia Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 13–23.

Humayra, Z. S., Jauza, A. Z., Syaifullah, H. I., Gusman, M. F., Al Haq, R. T., Wijaya, R., & Rakhman, A. (2023). Beauty Privilege: Benarkah Sebagai Penentu Potensi Kepercayaan Diri Siswa? Journal of Student Research (JSR), 1(4), 10–22.

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.1318

Inayah, M. N., Yusuf, A., & Umam, K. (2021). Krisis Identitas dalam Perkembangan Psikososial Pelaku Klitih di Yogyakarta. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 20(3), 245–256.

Kamaruddin, I., Leuwol, F. S., Putra, R. P., Aina, M., Suwarma, M., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget pada Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal on Education, 6(1), 307–316.

Khotimah, R. H., Radjah, C. L., & Handarini, D. M. (2024). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri, dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Negeri Di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 60–67.

Komar, A., & Winarsih, N. (2020). Problematika Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Tingkat Sekolah Dasar: Studi Kasus SDN Kebonsari Kulon 3 Kota Probolinggo Tahun Ajaran 2020-202. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan dan Sains, 1(2), 237–248.

https://doi.org/10.55210/al-fikru.v1i2.517

Kurniawan, Moh. Z. (2022). Kenali dan Temukan Potensi dalam Diri: Penerapan Proses Pengenalan Potensi Diri pada Mahasiswa. Jurnal Karya untuk Masyarakat, 3(2), 207–217.

Kusmiati, E., Chabibah, N., & Rizkiah, M. K. (2021). Penerapan Model Pictorial Riddle dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum dan Ilmiah), 2(2), 114–123.

https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.298

Laili, N. (2022). Peranan Penting Pendidikan IPS Terhadap Penanggulangan Kenakalan Remaja. Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 161–169.

https://doi.org/10.20527/tmkm.v1i1.381

Lestari, D. P. (2023). Konsep Diri dalam Perencanan Karir Santri Pondok Pesantren Putri Alkhairaat Pusat Palu. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 44–50.

https://doi.org/10.31970/gurutua.v6i1.144

Maharani, F. D., Nafarin, T. C., & Hudaifah. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 100–109.

https://doi.org/Doi: 10.53977/kumarottama.v3i2.1013

Mahendra, P. R. A. (2023). Peran Pendidikan IPS dalam Pendidikan Multikultural. Journal on Education, 05(02), 4468–4475.

https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1171

Mardiah, A. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individual Rational Emotif Behavior Therapy Teknik Home Work Assigment pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Amuntai Selatan Semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(1), 184–204.

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i1.448

Maulana, A., Khatimah, A. H., Azizah, A., Mardiah, A. A. U., Maulana, A., & Sobri, M. (2023). Perbedaan Mata Pelajaran IPS pada Kurikulum K13 dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. atas: Jurnal Wawasan Pendidikan, 1(2), 55–74.

Megawati, R., & Ningsih, T. (2020). Pembentukan Karakter melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Kependidikan, 8(2), 249–263.

https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.5580

Mujiburrahman, Astuti, F. H., Muzzani, A., Muhlisin, M., & Nuraeni. (2021). Pentingnya Pendidkan Bagi Remaja Sebagai Upaya Pencegahan Pernikahan Dini. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36–41.

https://doi.org/10.51878/community.v1i1.422

Muliansyah, B. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Krisis Identitas pada Remaja Msulim Di Era Globalisasi. GUAU : Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(3), 104–109.

Muslim, M. (2020). Peran Pendidikan IPS Dalam Pembentukan Perilaku Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Era Abad 21. SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education, 1(2), 83–90.

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v1i2.2745

Ningsih, F. P., Fadhliah, & Mohamad, N. S. M. (2022). Komunikasi Antar Pribadi Guru terhadap SIswa Berkebutuhan Khusus dalam Membentuk Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Desa Sansarino Kabupaten Tojo Una-Una. Jurnal Kinesik, 9(2), 216–225.

Noviyanti, T. (2024). Konsep dan Perbedaan IPS dengan Ilmu Sosial. TSAQOFAH : Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(1), 1–12.

https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2122

Nuraeni, I., Novitasari, S., Rustini, T., & Arifin, Muh. H. (2022). Upaya Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. ASANKA: Journal of Social Science and Education, 3(1), 1–10.

https://doi.org/10.21154/asanka.v3i1.3927

Nurmala, F. M., Zannah, M., & Saepulrohim, A. (2021). Bimbingan Pribadi Sosial Melalui Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Penggunaan Media Sosial Pada Siswa. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 9(1), 13–32.

Nurmansyah, F. (2021). Hiperrealitas pada Media Sosial Pengguna Instagram di Kalangan Mahasiswa. Ad-Dariyah : Jurnal Dialektika Sosial dan Budaya, 2(2), 1–15.

https://doi.org/10.55623/ad.v2i2.79

Padillah, R. (2020). Implementasi Konseling Realitas Dalam Mengangani Krisis Identitas Pada Remaja. Biblio Couns : Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(3), 120–125.

https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i3.5295

Paramita, S. D., Widodo, U., & Hatmono, P. D. (2021). Kondisi Psikologis Pada Siswa Yang Tidak Memiliki Guru Agama Buddha Dan Dampaknya Pada Kepercayaan Diri (Penelitian Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Ngrambe Kabupaten Ngawi). (Bahusacca): Jurnal Pendidikan Dasar dan Menejemen Pendidikan, 2(1), 9–19.

https://doi.org/10.53565/bahusacca.v2i1.388

Pratama, R. Z., Mudjiyanto, B., Fernando, J., Sandi, F., & Sitinah. (2020). Pembentukan Konsep Diri Siswa SMA Melalui Media Sosial Instagram. Komunikata57 : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 1(1), 42–49.

https://doi.org/10.55122/kom57.v1i1.118

Purnama, M. (2021). Implementasi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi Untuk Guru pada Jenjang SMP. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 58–69.

https://doi.org/10.51878/educational.v1i2.182

Putri, M., Lestari, R. D., Matondang, S., & Sunardi, N. (2022). Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Islam di Era Remaja Milenial. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 49–55.

https://doi. org/10. 25008/jitp. v2i2.37

Rahmawati, S. (2022). Kemampuan Guru Dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Lesson Study Mata Pelajaran Matematika di Tingkat Madrasah Tsanawiyah. Journal of Educational Integration and Development (JEID), 2(3), 172–196.

https://doi.org/10.55868/jeid.v2i3.142

Rijaal, M. A. K. (2021). Fenomena Intoleransi Antar umat Beragama Serta Peran Sosial Media Akun Instagram Jaringan Gusdurian Indonesia dalam Menyampaikan Pesan Toleransi. Syiar: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(2), 101–114.

https://doi.org/10.54150/syiar.v1i2.41

Rismayani, L., Kertih, I., & Sendratari, L. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melaui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164

Safruddin, & Ahmad, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal Maja Labo Dahu untuk Pembentukan Karakter Siswa SMP. Jurnal Sandhyakala, 1(2), 26–43.

https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v1i2.337

Saimun. (2022). Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Mengkontruksi Religiusitas Remaja. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 6(2), 4067–4073.

https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2941

Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 954–960.

https://doi.org/10.56799/jim.v2i3.1250

Sestiani, R. A., & Muhid, A. (2021). Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review. Jurnal Tematik, 3(2), 245–251.

Silalahi, H., Sibarani, Y., & Marbun, K. B. (2023). Fenomena narsis beragama di media sosial: Sebuah analisis-reflektif Matius 6: Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 9(1), 148–157.

https://doi.org/10.30995/ kur.v9i1.566

Siswopranoto, A., Ikhsan, A., Saputri, G., Aisyah, I., & Ester, R. (2021). Sosialisasi Internet Sehat Di Kalangan Remaja untuk Meminimalkan Dampak Negatif dari Berinternet pada SMP Islam Al Wasatiyah. Jurnal Ilmu Komputer (JIK), 4(2), 44–49.

Suastika, I. N. (2021). Perbandingan Posisi IPS pada Kurikulum Indonesia dan Amerika Serikat. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 697–709.

https://doi.org/10.23887/jpku.v9i3.38524

Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Sagaciuos : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosial dan Budaya, 9(1), 24–35.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66–75.

https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Suriani, A. I., & Nenowati, S. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Studi Pada Murid Kelas V SD Negeri Sungguminasa III Kabupaten Gowa. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1), 51–60.

https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i1.3063

Suryana, E., Wulandari, S., Sagita, E., & Harto, K. (2022). Perkembangan Masa Remaja Akhir (Tugas, Fisik, Intelektual, Emosi, Sosial dan Agama) dan Implikasinya pada Pendidikan. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(6), 1956–1963.

Suryana, R. R. (2020). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Akhlak Siswa Kelas IX Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 1 Kota Bogor. JIP: Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), 269–286.

https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.16193

Sutajaya, I. M., Sudiarta, I. G. P., & Muzakir. (2023). The Role of Social Studies Education in Building Student Character and Entrepreneurship to Face Challenges in the Era of Society 5.0. Tirai Edukasi: Jurnal Pendidikan, 6(1), 176–184.

https://doi.org/10.37824/tirai.v6i1.2023.493

Syafi’i, M., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2022). Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 88–96.

https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44954

Vannesa, S., Sutja, A., & Sekonda, F. A. (2023). Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Menghadapi Ujian pada Siswa di SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 299–303.

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5293

Yasin, M., & Jannah, S. S. F. (2022). Penanggulangan Dampak Negatif Media Sosial Melalui Peran Guru dan Masyarakat di Sekolah. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 254–258.

https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.916

Yunanto, F., & Kasanova, R. (2023). Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Karakter. Journal on Education, 5(4), 12401–12411.

https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2223

Downloads

Published

2024-07-01