Pengaruh Segmentasi Targeting dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan

Studi Kasus di Toko Benang Bintik Lestari Indah Kota Palangka Raya

Authors

  • Grace Evelina Buji Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya
  • Rinto Alexandro Universitas Palangka Raya
  • Eriawaty Eriawaty Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya
  • Fendy Hariatama H Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya

Keywords:

Segmentasi, Targeting, Positioning, Keputusan Pembelian, Industri Batik

Abstract

Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, strategi pemasaran yang efektif memainkan peran kunci dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi segmentasi, targeting, dan positioning terhadap keputusan pembelian pelanggan di Toko Benang Bintik Lestari Indah, sebuah UMKM yang bergerak di bidang industri batik di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Benang Bintik Lestari Indah telah menerapkan strategi segmentasi pasar yang komprehensif, meliputi segmentasi demografis, geografis, psikografis, dan perilaku. Perusahaan menargetkan pekerja kantoran dan masyarakat di sekitar Palangka Raya sebagai target pasar utama. Dari segi positioning, Toko Benang Bintik Lestari Indah memposisikan diri sebagai produsen kain batik dengan motif benang bintik khas Kalimantan Tengah, menawarkan produk yang berkualitas dengan kisaran harga yang variatif, dan menciptakan suasana toko yang nyaman. Strategi segmentasi, targeting, dan positioning yang diterapkan oleh Toko Benang Bintik Lestari Indah sejalan dengan teori pemasaran dan hasil penelitian terdahulu, serta berkontribusi dalam meningkatkan efektivitas strategi pemasaran dan memaksimalkan potensi penjualan perusahaan. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi bisnis dalam mengembangkan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan efektif untuk meningkatkan keputusan pembelian pelanggan dan keunggulan kompetitif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert, Junita, Harianja, H., & Sianturi, A. K. (2020). Perancangan Dan Pengembangan Produk: Alat Fisioterapi Knee And Leg Brace Dengan Metode Survei Pasar. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:230633024

Alexandro, R., Putri, W. U., & Nurmawati, Y. (2020). Analisis SWOT Pada Pemasaran Batik Benang Bintik Lestari Indah Palangka Raya. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 71. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v8i1.24689

Arif, M., & Reskiani, R. (2024). Peran Kualitas Layanan Dalam Menentukan Keputusan Pembelian Kamar Melalui Aplikasi RedDoorz. Jesya. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:267145419

Balqis, S. S. (2019). Pengaruh segmentasi psikografis, segmentasi tingkah laku, targeting terhadap keputusan pembelian paket haji umroh pada pt. sahid gema wisata cabang Surabaya. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:213865074

Dewi, I. R. (2022). Penerapan Strategi STP Dan E-Business Yang Berperan Pada Kepuasan Pelanggan Clothingline Shinethink Di Cirebon. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:256386527

Fahmi, M. A. R., Afiatna, F. A. N. F., & Muflihah, N. (2022). Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Pendekatan Analisis Swot Dan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Studi Kasus Di Pt. Grand Zam-Zam. Jurnal Penelitian Bidang Inovasi & Pengelolaan Industri. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:247163607

Febrianto, D., Yuliati, N., & Atasa, D. (2023). PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CAFÉ SUPER GLU! RUNGKUT. AGROTEKSOS. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:268479359

Handayani, F., Kadang, J., & Syrifuddin, I. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada Usaha Toreko. Empiricism Journal. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260122964

Ishano, C. C., Adiarni, N., & Najamuddin, M. (2021). SEGMENTASI PASAR KONSUMEN MAKANAN DI JAKARTA, INDONESIA DENGAN PENDEKATAN FOODRELATED LIFESTYLE. AGRIBUSINESS JOURNAL. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:241819441

Lubis, R. (2021). PENGARUH SEGMENTASI PASAR DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI PT. MUTIFA MEDAN. Juripol. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:249614901

Mau, D. P., & Mau, Y. P. (2023). IMPLEMENTASI KEARIFAN LOKAL BATANG HARING MELALUI UPACARA RITUAL TIWAH YANG MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF DESTINASI PARIWISATA DI KALIMANTAN TENGAH. Cultoure: Jurnal Ilmiah Pariwisata Budaya Hindu. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:266775403

Miftah, H., Mubarokah, S. L., & Arsyad, A. (2023). DEVELOPMENT OF KAMPUNG CHICKEN ( Gallus gallus domesticus ) BUSINESS THROUGH INTEGRATED MARKETING STRATEGY PENGEMBANGAN USAHATERNAK AYAM KAMPUNG ( Gallus gallus domesticus ) MELALUI STRATEGI PEMASARAN TERINTEGRASI. Media Pengabdian Masyarakat, 9(1), 94–101.

Nugraha, Y. E. (2019). ANALISIS PASAR WISATAWAN MANCANEGARA PENGGUNA LAYANAN WISATA MEDIS DI BALI. Tourism, 2, 90–99. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:212849910

Nurhasan, A., Herlambang, T. M., & Hadibrata, B. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Y1): KUALITAS PRODUK (X1), HARGA (X2) DAN PROMOSI (X3). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:266453120

Prabowo, A., & Sukarno, G. (2019). KONTRIBUSI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PERAN KEUNGGULAN BERSAING. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:201443924

Prasetyo, L. D., Moniharapon, S., & Loindong, S. S. R. (2017). Pengaruh Faktor-faktor Segmentasi Demografis Dan Segmentasi Psikografis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Mtc Manado. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:182140763

Pratiwi, L. F. L., & Rosyid, A. H. Al. (2022). Analisis Preferensi Konsumen dan Strategi Pengembangan Atribut Produk Beras di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:250716698

Rosadi, R. (1998). STRATEGI DISTRIBUSI PRODUK NATADECOCO CV. CITRA PANGAN MANDIRI BOGOR. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:148493703

Salim, N. S., & Yogasara, T. (2022). Perancangan Aplikasi E-Retail untuk Membangun User Experience Positif dalam Kegiatan Berbelanja Offline. Jurnal Rekayasa Sistem Industri. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:252428697

Setiawan, R., Setyadi, D., & Asmapane, S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah pt bank negara indonesia (persero) tbk cabang samarinda di samarinda. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:216545618

Subagja, F., Andryanto, D. B., & Ramli, D. A. S. B. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Produk Kue Kering Menggunakan Metrik QSPM di PT. Bonli Cipta Sejahtera. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:194529558

Downloads

Published

2024-07-06