Dampak Media Digital Terhadap Efektivitas Pembelajaran IPS Pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah

Authors

  • Susidah Ernawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Nabila Septiana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Hardiyawansyah Hardiyawansyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Sani Safitri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jpips.v17i1.21261

Keywords:

Media Digital, Efektivitas Pembelajaran, IPS, Pendidikan Sejarah

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Studi ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana penggunaan media digital berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran IPS di kalangan mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dan survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa telah mengadopsi media digital dalam proses belajar mereka, dengan 70% responden menyatakan bahwa media digital sangat membantu pemahaman materi. Selain itu, sebanyak 75% responden melaporkan bahwa dosen mereka sering menggunakan media digital dalam mengajar. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan, seperti kurangnya literasi digital, kesenjangan akses terhadap teknologi, serta potensi distraksi dari platform digital. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pendekatan blended learning yang menggabungkan metode digital dan konvensional untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran

References

Aisyah, Siti, Muhammad Sholeh, Indah Bunga Lestari, Lusi Dwi Yanti, Nuraini Nuraini, Puspitri Mayangsari, and Rayi Arista Mukti. 2024. “Peran Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran IPS Di Era Digital.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(1):44–52. doi: 10.54371/jiepp.v4i1.382.

Alif Agung Wicaksono, Lola Depra, Silva Maharani, Syahrial, Silvina Noviyanti. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(20):1349–58.

Fakhri, Akhmad. 2023. “Kurikulum Merdeka Dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran : Menjawab Tantangan Sosial Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21.” C.E.S (Confrence Of Elementary Studies) 1(1):32–40.

Firmansyah, Haris. 2024. “Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Berpikir Sejarah.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 4(3):7704–14.

Fricticarani, Ade, Amalia Hayati, Ramdani R, Irva Hoirunisa, and Gina Mutiara Rosdalina. 2023. “Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI) 4(1):56–68. doi: 10.52060/pti.v4i1.1173.

Hopeman, Teofilus Ardian, Nur Hidayah, and Winda Arum Anggraeni. 2022. “Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1(3):141–49. doi: 10.33578/kpd.v1i3.25.

Iskandar, Nabillah Mujahadah, and Rasmitadila. 2024. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Evaluasi Yang Efektif: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Metode Evaluasi.” Karimah Tauhid 3(2):2270–87. doi: 10.30997/karimahtauhid.v3i2.11945.

Juliyati, Elisa Dewi. 2021. “Peran Teknologi Informasi Pada Pembelajaran IPS.” 2013:1–6.

Milyane, Tita Melia, Kurniawati Darmaningrum, Nofia Natasari, Gustilas Ade Setiawan, Darmawanta Sembiring, Irwanto, Kraugusteeliana, Neka Fitriyah, Astri Sutisnawati, Unggul Sugena, Sri Nurhayati, Intan Hestii Indriana, and Martina Shalaty Putri. 2023. Literasi Media Digital. Vol. 01.

Nur, Aedi. 2014. “Penjelasan Instrumen Penelitian Dan Pengumpulan Data.” Statistikian 1.

Nurhadi, Nunung. 2020. “Blended Learning Dan Aplikasinya Di Era New Normal Pandemi Covid-19 Blended Learning and Its Application in the New Normal Era of the Covid-19 Pandemic.” Jurnal Agriektensia 19(2):121–28.

Nurjanah, Novita Eka, and Tsali Tsatul Mukarromah. 2021. “Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Literatur.” Jurnal Ilmiah Potensia 6(1):66–77.

Ratih, Endang Kumala, and Setyo Yanuartuti. 2021. “Meningkatkan Daya Kreatif Siswa Menggunakan Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 6(1):942–55. doi: 10.35568/naturalistic.v6i1.1634.

Retno Dewi Prisusanti, Budi Mardikawati, Loso Judijanto, Dzul Arsyil Majid, and Muhammad Haridah Saputra. 2023. “Analisis Kompetensi Penggunaan E-Learning, Kesiapan Dan Penggunaan Teknologi Digital Mahasiswa.” Journal of Vocational, Informatics and Computer Education 1(2):93–101. doi: 10.61220/voice.v1i2.20240.

Sabrina, Adzkia, Ita Rustiati Ridwan, and Susilawati Susilawati. 2021. “Analisis Penggunaan Media Audio Visual Pada Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Studi Siswa Di Kelas Iv Sekolah Dasar.” Didaktika 1(2):274–82. doi: 10.17509/didaktika.v1i2.34473.

Sinaga, Wellty Mely Betesda Br, and Alief Firmansyah. 2024. “Perubahan Paradigma Pendidikan Di Era Digital.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1(4):10. doi: 10.47134/jtp.v1i4.492.

Yuniarti, Anisyah, Titin Titin, Fannisa Safarini, Ita Rahmadia, and Sinta Putri. 2023. “Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran.” JUTECH : Journal Education and Technology 4(2):84–95. doi: 10.31932/jutech.v4i2.2920.

Downloads

Published

2025-06-10