Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Alfa Mart Di Jalan Diponegoro Kota Palangka Raya

Authors

  • Andri Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya
  • Kuwing Baboe Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya
  • Rinto Alexandro Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya

Keywords:

Strategi Pemasaran, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran berupa produk, harga, promosi dan tempat untuk meningkatkan volume penjualan pada minimarket Alfamart di jalan diponegoro kota Palangka Raya, serta untuk mengetahui dan menganalisis manakah yang dominan dari strategi pemasaran yang meningkatkan volume penjualan pada minimarket Alfamart. Penelitian ini bersifat survey dengan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian data kegiatan pemasaran dalam kurun waktu enam tahun (2012-2017). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan pada minimarket Alfamart di jalan diponegoro kota Palangka Raya. Diantara strategi pemasaran tersebut, distribusi yang dominan berpengaruh terhadap penjualan minimarket Alfamart berdasarkan hasil analisis statistik nilai koefisien regresi (B) yang menunjukkan nilai tertinggi diantara variabel bebas lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Cetakan ke-7.andung: Alfabeta.

Arikonto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.

Bungin, Burhap. 2011. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainya. Jakarta: Praneda Media Group.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Fendy, Tjiptono, & Gregous, Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Gerson, R. 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PPM

Irham, Fahmi. 2014. Manajemen Strategis. Bandung: Alfabeta.

Ismail, Solihin. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.

Laksana, fajar.2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Philip, Kotler. 1991. Manajemen Pemasaran: analisi, perencanaan dan pengendlian, Cetakan ke-6. Jakarta: Erlangga.

Philip, Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Philip, Kotler. Amstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi satu. Jakarta: PT. Indeks

Purwanto. 2012. Marketing Strategic: Meningkatkan Pangsa Pasar & Daya Saing. Jakarta: Platinum.

Rangkuti, Frenddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rattih, Hurriyati. 2005. Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Sofjan, Assauri. 2014. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi, Cetakan ke-13. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Shciffman, leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen Edisi ketujuh. Jakarta : PT. INDEKS

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif danR&D. Bandung: Albeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif dan R&D. Bandung: Albeta

Suharno dan Yudi, Sutarno. 2010. Marketing in Practive. Yogyakarta: Graha Ilmu

Thamrin, Abdullah dan Prancis, Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Thamrin, Abdullah, & Prancis, Tantri. (2014). Manajemen Pamasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim penyususun. 2017. Pedoman Penulisan Skripsi. Palangka raya: Universitas Palangka Raya.

Titik, Nurbiyati dan Mahmud, Machfoedz. 2005. Manajemen Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Kayon.

Downloads

Published

2021-07-20