Analisis Kualitas Tes Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Swasta Kota Palangka Raya

Authors

  • Sri Maryati Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya
  • Jairi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya
  • Eriawaty Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya

Keywords:

Kualitas Tes, Mata Pelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas tes ulangan akhir semester mata pelajaran ekonomi untuk kelas X di SMA Swasta kota Palangka Raya tahun 2016.Soal tes ulangan akhir semester kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta kota Palangka Raya dibuat oleh guru mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, karena analisis data atau informasi yang diperoleh datanya diolah dan dinyatakan dalam bentuk angka-angka yang dapat dilihat melalui taraf kesukaran soal, daya pembeda soal, validitas tes, reliabilitas tes, efektifitas distraktor, dan juga omit. Subyek dalam penelitian ini adalah soal ulangan semester mata pelajaran ekonomi dalam bentuk tes objektif pilihan ganda tahun 2016 kelas X di seluruh SMA Swasta kota Palangka Raya yang menggunakan kurikulum KTSP yaitu SMA PGRI 1, SMA Perintis, SMA Garuda, SMA Nahdhalatul Ulama, SMA Karya, SMA Nusantara, SMA Isen Mulang, SMA Muhammadiyah 2, SMA Panantiring dan SMA Purnama. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi yaitu berupa soal-soal tes ulangan semester mata pelajaran ekonomi kelas X beserta kunci jawaban soal tes, dan lembar jawaban ulangan siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan menunjukkan kualitas tes ulangan semester mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Swasta kota Palangka Raya, yaitu: (1) Taraf kesukaran soal dinyatakan baik, karena persentase soal dalam kategori sedang besar yaitu 59,28%, sedangkan soal mudah 13,60% dan soal sukar 27,13%. (2) Daya pembeda soal dinyatakan kurang baik, karena persentase soal dengan daya pembeda jelek tinggi yaitu 61,33%, soal dengan daya pembeda sedang 22,78%, dan soal dengan daya pembeda baik 15,90%. (3) Validitas tes dinyatakan tidak baik, karena persentase soal tidak valid sebesar 91,73, sedangkan soal valid hanya 8,28%. (4) Reliabilitas tes dinyatakan memiliki reliabilitas rendah (un-reliable) yaitu 0,165. (5) Efektifitas distraktor soal dinyatakan cukup baik, dengan persentase distraktor baik 55,63%, distraktor cukup baik 29,30%, dan distraktor tidak baik 15,08%. (6) Omit soal dinyatakan baik yaitu 9,75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi (2005). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : PT Bumi Aksara.

Daryanto, H. (2012). Evaluasi Pendidikan : Komponen MKDK. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Jihad, A. & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Margono (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan : Komponen MKDK. Jakarta : Rineka Cipta.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia

Pramono, Sigit (2014). Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar. Jogjakarta : DIVA Press.

Prasetyo, Bambang & Jannah, Lina Miftahul (2014). Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Purwanto, M.Ngalim (2008). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Samuelson, Paul A. & Nordhaus, William D. (1997). Mikro Ekonomi edisi ke empat belas. Jakarta : Erlangga.

Silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.

Sudijono, Anas (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tayibnapis, Farida Yusuf (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi Untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Universitas Palangkaraya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (2007). Pedoman Penulisan Skripsi. Palangkaraya.

Anik Setyaningsih (2014).Analisis Kualitas Tes Sumatif Buatan Guru Untuk Mata Pelajaran Produktif Akuntansi Di SMKN 2 Tamiang Layang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Palangka Raya.

Rakhmad Arif Hakim (2012). Analisis Butir Soal Mata Pelajaran IPS Pada SMP Negeri Sekota Palangka Raya. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Palangka Raya

Downloads

Published

2021-07-20