Peranan Guru Mata Pelajaran Sosiologi Dalam Membina Kelompok Belajar Siswa Pada SMAN-1 Palangka Raya

Authors

  • Sogi Hermanto Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Palangka Raya
  • Rinto Alexandro Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya

Keywords:

Peranan Guru, mata pelajaran sosiologi, kelompok belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Peranan Guru mata pelajaran sosiologi dalam membina kelompok belajar siswa pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri-1 Palangka Ritasaya. Sumber data populasi, dan sampel adalah kelompok belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri-1 Palangka Raya, populasi sebanyak 298 orang siswa, sampel diambil 25% dari populasi  sebanyak 77 orang siswa. Untuk metode pelaksanaan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Deskriptif dengan pertimbangan masalah yang diteliti masih berlangsung sampai sekarang dan bertujuan untuk mengungkapkan masalah-masalah yang nyata dan aktual pada masa sekarang. Hasil penelitian secara diskriptif:“Peranan Guru Mata Pelajaran Sosiologi dalam membina kelompok belajar Siswa pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri-1 Palangka Raya”, dapat disimpulkan bahwa dari 77 responden sampel menunjukkan bahwa dari hasil 23 pertanyaan dalam bentuk angket yang menjawab sangat baik  (84,01%), yang menjawab baik (1,16%), yang menjawab cukup baik (14,29%), dan yang menjawab kurang baik (0,09%). Dari hasil analisis tersebut diatas diperoleh persentase paling tinggi “sangat baik” (84,01%) berarti menunjukan kriteria “sangat baik” ini membuktikan bahwa peranan guru mata pelajaran sosiologi dalam membina kelompok belajar siswa pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri-1 Palangka Raya sudah dilaksanakan dengan “sangat baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya

Ali, M., 1982. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Penerbit Angkasa.

Hamid, D., 2003. Pembelajaran dalam Penyelenggaraan IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Soenarto, 1987. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiono, 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfbeta.

Surachmad, W., 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar dan Metode Teknik. Bandung :Tarsito. Sumber

Uzer Usman, M., 1992. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

UU RI., 2002. Negara Kesatuan Republik Indonesia menjamin kesejahteraan tiap-tiap warga negaranya..

UU RI., 2003. TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.

Downloads

Published

2016-06-07