Penerapan Model Fire Up Dalam Praktek Pengalaman Lapangan Mahasisiwa PGSD Di SDN 3 Panarung

Authors

  • Femmy Dosen FKIP Universitas Palangka Raya
  • Abd Rahaman Azahari Dosen FKIP Universitas Palangka Raya
  • Rinto Alexandro Dosen FKIP Universitas Palangka Raya

Keywords:

Model FIRE-UP

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh presentase best practice guru sukses dan pembinaan kompetensi guru dalam menguatkan kecintaan kompetensi pada profesi guru. Manfaat penerapan Model FIRE-UP adalah berkembangnya kompetensi para guru di sekolah mitra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan angket dalam bentuk APKG1 dan APKG2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kebutuhan dan analisis transkripsi pembelajaran. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan Model FIRE-UP mampu meningkatkan penguasaan kompetensi dasar mengajar mahasiswa menunjukkan 40% termasuk kategori baik, dan 60% termasuk kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, M. Toha. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

De Porter, B., dan Hernacki, M. 1999. Quantum Learning. Bandung: Kaifa Press.

Femmy. 2003. Pembimbingan Bersama dan Terpadu dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Mahasiswa PPL. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Madden, T.L. 2000. FIRE-UP Your Learning. Jakarta: Gramedia.

Suyanto, Slamet. 2000. Reformasi Pola Pengembangan Guru Menyongsong era Globalisasi dan Otonomi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

UP3L FKIP UNPAR. 2007. Buku Petunjuk PPL Keguruan. Palangka Raya: Universitas Palangkaraya.

Usman, Uzer. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2016-06-07