Peran Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Mencegah Degradasi Moral

Authors

  • Sakman Dosen Prodi PPKn FKIP Universitas Palangka Raya

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini dengan adanya saling keterbukaan dan ketergantungan antar negara menjadikan negara tidak mengenal batas-batasnya sehingga arus informasi dan telekomunikasi pun berkembang sangat pesat maka persaingan Internasional pun akan semakin ketat terutama di bidang ekonomi, politik, sosial budaya, pertahanan keamanan dan pendidikan, khususnya bagi Indonesia era globalisasi ini tidak hanya mengarah pada kepentingan dalam negeri akan tetapi juga mengarah pada kepentingan global sehingga terdapat peluang yang dimiliki oleh negara berkembang khususnya Indonesia. Dengan adanya pengaruh globalisasi yang tidak disertai dengan penguatan pendidkan karakter bagi pelajar telah mengakibatkan terjadinya kemerosotan moral bagi generasi mudah bangsa. Hal ini tidak boleh dibiarkan terjadi, untuk itu  Pendidikan Kewarganegaraan sebagai bagian dari pendidikan karakter berperan penting untuk menurunkan kemerosotan moralitas pelajar diera globalisasi saat ini, dengan membangun dan membentuk karakter pelajar sesuai dengan yang tecantum dalam UUD 1945 dan Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Femmy, Abd Rahman Azahari, Rinto Alexandro, 2015, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran PKN, Jurnal Pendidikan IPS (JPIPS) Vol 3 No 2, Desember 2015.

Fauziah,Tatik. 2016. Peran Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme. Aceh: Jurnal pendidikan serambi ilmu.

Juliati. 2015. Mobilitas Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Di Indonesia dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Bandung : jurnal pendidikan stkip pgri sukabumi.

Setyawan, D. 2014. Tawuran Pelajar Memprihatinkan Dunia Pendidikan. .diakses tanggal 9 Desember 2016.

Tryas. 2014. 22 Persen Pengguna Narkoba Kalangan Pelajar. http://www.harianterbit.com/read/2014/09/13/8219/18/18/22-Persen-Pengguna-Narkoba-Kalangan-Pelajar. diakses tanggal 9 Desember 2016.

Wignjosoebroto, S. 1997. “Kejahatan Perkosaan Telaah Teoritik dari Sudut Tinjau Ilmu-Ilmu Sosial, alam Eko Prasetyo dan Suparman Marzuki, ed. Perempuan dalam Wacana Perkosaan , Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia. Yogyakarta.

Downloads

Published

2016-12-07