Kesesuaian Butir Soal Buatan Guru Dengan Tujuan Pembelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Katingan Tengah

Authors

  • Erlin Diana Noor Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya
  • Jairi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya
  • Eriawaty Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya

Keywords:

Butir Soal, Tujuan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode deskriptif adalah metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Subjek penelitiannya adalah Guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Katingan Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal sudah mampu mengukur kesesuaian butir soal dengan tujuan pembelajaran. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil penelitian dengan ditemukan sebanyak 26 butir soal telah sesuai dengan tujuan pembelajaran pada kurikulum yang berlaku, 3 butir soal tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran dan 1 butir soal yang tidak disebutkan dalam rumusan tujuan pembelajaran. Dan dalam aspek kognitif terdapat penyebaran soal belum sesuai dengan proporsi penyebaran soal yang baik, karena jumlah persentase yang sesuai proporsi hanya sebaran soal penerapan (C3) yaitu dengan persentase 30%, sedangkan untuk sebaran soal pengetahuan (C1) melewati batas proporsi penyebaran soal yang baik yaitu dengan persentase 36,67% dan sebaran soal pemahaman (C2) dengan persentase 33,33% masih jauh dari proporsi kriteria penyebaran soal yang baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

___________. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

___________. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_________________. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

_________________. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Bambang, T.K.G., Petrus, P., Jackson, P.M., Eli, K., Yulin, P. & Akhmad, F. 2014. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi dan Artikel Hasil Penelitian). Malang: Surya Pena Gemilang.

Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Sutria. 2013. Analisis Kualitas Tes Obyektif Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Sekecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP, Universitas Palangka Raya.

Maretina, Nina. 2009. Analisis Soal Sumatif Mata Pelajaran IPS Di SMP Karya Palangka Raya Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP, Universitas Palangka Raya.

Moleong, L.J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E, 2011. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik: Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_______________. 2009. Prinsip-Prinsip dan Teknik: Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

____________. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

____________. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2007, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

________, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D; cetakan kesembilan. Bandung: Alfabeta.

________, 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Styaningsih, Anik. 2012. Analisi Kualitas Tes Sumatif Buatan Guru Untuk Mata Pelajaran Produktif Akuntansi Di SMKN 2 Tamiang Layang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP, Universitas Palangka Raya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Erwin Tri Wahyuningsih. 2015. Skripsi Analisis Butir Soal Tes Objektif Buatan Guru Ulangan Semester Ganjil Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Sma Negeri 1 Mlati Tahun Ajaran 2013/201. Diunduh pada tanggal 20 juli 2016, dari http://eprints.uny.ac.id/26627/1/SKRIPSIErwin%20Tri%20Wah

yuningsih%20.pdf.

Karzumi. 2011. Skripsi Analisis Butir Soal Ulangan Akhir (UAS) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran 2010/2011. Diunduh Pada Tanggal 20 Juli 2016, dari Lib.Unnes.Ac.Id/11148/1/10045.Pdf.

Nurung, M. 2008. Kualitas Tes Ujian Akhir Sekolah Berstandar (UASBN) IPA SD Tahun Ajaran 2007/2008. Diunduh pada tanggal 20 juli 2016, dari http://mardikanyom.tripod.com/kualitas%20tes.pdf.

Downloads

Published

2016-12-07