Pengaruh Pembelajaran Dengan Kelompok Terhadap Keterampilan Sosial Anak Pada Kelompok B TK Tunas Mekar Palangka Raya
Abstract
Muhibin dalam Nugraha dan Rahmawati (2008) mengatakan bahwa perkembangan sosial merupakan proses pembentukan social self (pribadi dalam masyarakat), yakni pribadi dalam keluarga, budaya, bangsa, dan seterusnya. Sedangkan Hurlock (1978) mengutarakan bahwa perkembangan sosial merupakan perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial. Pengembangan kemampuan sosial anak usia dini dapat diajarkan melalui kegiatan pembelajaran dengan kelompok, karena melalui kegiatan ini anak dapat belajar berinteraksi secara intesif dengan anak lain dan belajar mengenal aturan dan norma yang ada dalam kelompok
Downloads
References
Alder, Harry, 2001. BOOST YOUR INTELLIGENCE (Pacu EQ dan IQ Anda) diterjemahkan oleh Cristina Prianingsih, Jakarta: Erlangga.
Arikunto Suharsimi, 2006. PROSEDUR PENELITIAN Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayah Bunda. 1992. PERKEMBANGAN ANAK Buku Pegangan Untuk Pasangan Muda. Jakarta: Yayasan Aspirasi Pemuda.
Azzet Muhaimin Akhmad. 2010. Mengembangkan Kecerdasan Sosial Bagi Anak. Jogjakarta: KATAHATI
Hurlock B. Elizabeth, Edisi Enam.1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Nugraha, Ali dan Yeni, Rachmawati, 2008. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.