Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Mata Pelajaran PKn

Authors

  • Femmy FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Abd Rahaman Azahari FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Rinto Alexandro FKIP, Universitas Palangka Raya

Keywords:

model pembelajaran portofolio

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis portofolio dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKn dengan pokok bahasan Globalisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan “random, pre-test, post-test design”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan tes prestasi (achievement test) dengan instrumen berupa soal tes objektif bentuk pilihan ganda, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Hasil penelitian menemukan bahwa proses belajar mengajar dengan model pembelajaran berbasis portofolio memberikan perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa lebih positif oleh siswa kelompok eksperimen. Pemahaman siswa kelompok eksperimen terhadap konsep kesempatan kerja lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelompok kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, M. Toha. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

http://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/04/28/model-pembelajaran-berbasis-portofolio/

http://eriawankamil.wordpress.com/2008/02/13/model-pembelajaran-portofolio-pendidikan-kewarganegaraan/

http://re-searchengines.com/art05-17.html

Winataputra, Udin S. 2007. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2015-12-08