Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII E Melalui Penggunaan Metode Diskusi Di SMPN 1 Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau

Authors

  • Engripin Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya
  • Dehen Erang Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya
  • Eko Riady Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya
  • Revnussa Oktobery Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya

Keywords:

Upaya Guru, Hasil Belajar, Metode Diskusi

Abstract

Keberhasilan pendidikan tergantung bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran yang dilaksanakan dimana guru harus memperhatikan siswanya, dan harus memberikan sesuatu yang sifatnya membuka pikiran siswa. Hal tersebut dimaksudkan agar siswa dapat mengembangkan pemahamannya, menyimpulkan serta dapat memperluas ilmu pengetahuan tersebut kelak. Adapun komponen yang membentuk kegiatan pembelajaran adalah: a). Siswa yang bertindak sebagai mencari, penerima dan menyimpulan isi pelajaran, b.) guru bertindak sebagai pengelola dalam rangka pembelajaran yang efektif, c). Metode atau cara yang teratur dan efektif dalam penyampaian informasi materi pelajaran kepada siswa, dalam rangka pencapaian tujuan, d.) Tujuan, adanya suatu perubahan pada siswa, setelah proses pembelajaran dilaksanakan, e). Isi pelajaran segala informasi harus berupa fakta dan konsep yang  jelas, f). Metode dan bahan serta peralatan yang dibutuhkan untuk membantu pencapaian tujuan, g.) Evaluasi adalah alat untuk melihat hasil dari perkembangan pembelajaran mulai dari sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Rumusan masalah ”Apakah upaya guru melalui penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E di SMPN-1 Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau” ?. Proses penelitian dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Hopkins dalam Aqib, (2007:31), sifat penelitian adalah pengamatan yang dilakukan oleh 2 orang, kepala sekolah dan rekan sejawat, 1 orang guru sebagai peneliti sekaligus  melakukan proses pengajaran yang berlangsung di dalam kelas. Pelaksanaan penelitian terbagi menjadi tiga tahapan, dimana pada tahap I disebut sebagai pre-test (tes awal), tahap II Siklus I proses penerapan tindakan observasi, dan Refleksi, serta evaluasi, tahap III Siklus II proses penerapan tindakan observasi, dan Refleksi serta evaluasi. Hasil yang diperoleh adalah nilai rata-rata pre-test data awal 5,65 (65%) tidak tuntas, pelaksanaan Siklus I nilai rata-rata 6 dengan ketuntasan belajar 85% yang tidak tuntas 15%, pelaksanaan Siklus II nilai rata-rata 8 yang tuntas dalam belajarnya 100% yang tidak tuntas 0%. Kesimpulan penelitian dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui penggunaan metode diskusi mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E di SMPN-1 Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqip Zainal, 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru. Bandung. Yrama Widya Margahayu Permai.

Conny R. Semiawan, 1999. Perkembangan dan Pembelajaran Peserta didik. Depdikbud.

File///e:/macam-macam metode pembelajaran. Htm didonloat 24 desember 2014. Jam 20.00 WIB.

Nana Sudjana, 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya.

Nasotion S, 1995. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Kamelia, 2013. Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A Mata Pelajaran IPS Melalui Penggunaan Metode Diskusi di SMPN-2 Surakarta.

Roestiyah, 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Sugi Hartono, 2007. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Kencana.

Sugiyono, 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.

Sunaryo Kartadinata, 1998. Bimbingan Belajar disekolah. Bandung. Depdikbud.

Syaiful Bahri Djamarah, 2011. Guru dan anak didik dalam Intervalasi Edukatif. Jakarta. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2015-12-08