Korelasi Penguasaan Kalimat Dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Mahasiswa PGSD FKIP UPR
Keywords:
Korelasi, Penguasaan Kalimat, Menulis ArgumentasiAbstract
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang aktif kuliah di PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya dengan tujuan untuk mengetahui korelasi antara penguasaan kalimat dengan kemampuan menulis argumentasi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Penelitian ini tergolong penelitian metode kuantitatif, populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa yang aktif kuliah di PGSD, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya, yang keseluruhannya berjumlah 304 orang, sedangkan sampelnya sampel penelitian ini bisa diambil 15% adalah sebanyak 46 orang mahasiswa, yang dipilih secara acak sederhana dari seluruh mahasiswa program studi PGSD, Jurusan Ilmu, Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket/tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan adanya bahwa penguasaan kalimat sangat besar sekali yaitu 93,5% yang menunjukkan bahwa variable penguasaan kalimat memberikan korelasi terhadap variable kemampuan menulis argumentasi, dan sisanya sebesar 6,5% merupakan kontribusi dari variable lain yang tidak diteliti atau dapat disebut variable intervining. Hasil penelitian ini mengindikasi bahwa penguasaan kalimat merupakan suatu hal yang sangat penting bagi seorang mahasiswa dalam rangka membantu kemampuan menulis argumentasi dalam pelaksanaan tugas dan pekerjannya, baik di kampus maupun di luar kampus sehingga dapat meningkatkan kemampuan menguasai Bahasa Indonesia. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis argumentasi mahasiswa PGSD di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya sebesar 93,5%.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa.
Atmazaki. 2007. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: UNP Press.
Ahmadi, Mukhsin. 1988. Materi Dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: DepdikbudAkhadiah, Sabarti dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama
Akhadiah, Sabarti. 1997 Materi Pokok 5: Pengembangan Paragraf. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
___________. 2007. Kajian Bahasa; Struktur Internal, Pemakaian dan Pemelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Bassenang. 1990. Pengantar Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: Inonesia Intermasa
BSNP. 2006. Standar isi (Keputusan Menteri No. 22, 23, 24 Tahun 2006) Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BSNP
Chaer, Abdul. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Darmawan, Suryamita Harindrari. 2004. Beta versus VHS and The Acceptance of Electronic Brainstorming Technology. MIS Quarterly Vol. 28 No. 1, 2004
Dawud, dkk. 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X. Jakarta: Erlangga
Dawud, dkk. 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga Gunawan, dkk. 1997. Belajar Mengarang: Dari Narasi hingga Argumentasi untuk SMU dan Umum. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas. 2006. Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP/MTS Sederajat. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dhieni, Nurbiana. 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan III. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sudjana. 2010. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Keraf, Gorys. 1997. Komposisi . Ende - Flores: Nusa Indah.
--------- 1987. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Suparno dan Muhammad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Syafi‘ie, Imam. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: P2LPTK, Dirjen Dikti, Depdikbud.
Syafi ‘e, Imam dan Imam Subana. 1996. Terampil Berbahasa Indonesia 1 untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan