Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN Bereng Bengkel
Keywords:
Media Gambar, PTKAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah aktivitas belajar IPS siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD dengan standar kompetensi memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama sekitar rumah dan sekolah di kelas III SDN Bereng Bengkel dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang dengan cara bermitra dengan guru dan penelitian dilaksanakan pada semester I. Kenyataan di lapangan menunjukan bahwa partisipasi siswa dalam pembelajaran masih rendah sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengemukakan gagasannya dan berdampak bagi hasil belajar siswa, untuk mengatasi rendahnya aktivitas belajar IPS siswa di kelas maka guru menggunakan media gambar untuk melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) peningkatan aktivitasitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru dengan media gambar dalam pembelajaran, 2) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bermaksud memperbaiki situasi pelajaran di kelas yaitu mencakup 4 langkah dalam satu siklus 1) Penyusunan rencana, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Oleh sebab itu disarankan kepada guru agar benar-benar memperhatikan media dalam mengajar yang diterapkan dalam kelas.
Downloads
References
Aryana. 2000. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Materi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Pelajaran Ekosistem. Tidak Dipublikasikan. Malang: PPS UPM
Budiman. 1998. Profesionalisme Guru Masa Depan. Jakarta: CV. Rajawali
Depdiknas. 2003. Pengembagan Kurikulum dan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Idris. 1985. Wawasan Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Lavin. 1997. Teori Belajar dan Teori-Teori Pembelajaran. Direktorat jenderal pendidikan tinggi. Departemen pendidikan dan kebudayaan.