Studi Deskriptif Tingkat Intelengensi Mahasiswa PG PAUD Universitas Palangka Raya

Authors

  • Wahyuni Christiany Martono FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Elisabeth Fransisca S.S FKIP, Universitas Palangka Raya

Keywords:

Tingkat Intelegensi, Mahasiswa PG PAUD

Abstract

Penelitian yang berjudul Tingkat Intelegensi Mahasiswa PG PAUD Universitas Palangka Raya dimaksudkan sebagai penelitian awal yang bertujuan mengetahui penyebaran tingkat kecerdasan mahasiswa PG PAUD. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi data yang berguna bagi para pengajar terkait untuk melihat tingkat pencapaian materi yang disampaikan sesuai dengan tingkat kecerdasan mahasiswa.Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif PG PAUD semester pertama tahun ajaran 2013/2014 di Universitas Palangka Raya Alat ukur yang digunakan untuk variabel intelegensi adalah dengan menggunakan tes intelegensi, dimana tes intelegensi yang dipakai dalam penelitian ini adalah tes CFIT (Culture Fair Intelligence Test). Dari penelitian ini diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa PG PAUD memiliki tingkat kecerdasan yang berada pada taraf rendah (61,54%) menurut skala CFIT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, Ni Kadek Sukiati dan Fakhrurrozi, M. 2008. Pengaruh Tingkat Intelegensi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta. Skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta: Universitas Gunadarma

Azwar, S. 2002. Tes prestasi: Fungsi pengembangan pengukuran prestasi belajar. Y ogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2004.PengantarPsikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cattel & Cattel. 2006. Manual CFIT Skala 3A/B. Urusan Reproduksi dan Distribusi Alat Tes Psikologi (URDA T) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan (Edisi kedua). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sattler, Jerome M. 2001. Assessment of Children: Cognitive Applications (4rd ed.). San Diego: Jerome M. Sattler, Publisher, Inc.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. 2009. Pengertian Intelegensi dalam http://sutisna.com/artikel/artikel-ilmu-sosial/pengertian-intelegensi/, diunduh tanggal 22 Agustus 2011

Sutisna. 2010. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Intelegensidalam http://sutisna.com/artikel/artikel-ilmu-sosial/faktor-faktor-yang mempengaruhi-intelegensi/, diunduh tanggal 22 Agustus 2011

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Woolfolk, Anita. 2010. Educational Psychology Eleventh edition. New Jersey: Pearson

Downloads

Published

2014-06-10