Penerapan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Statistik

Authors

  • Suparwadi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Palangka Raya

Keywords:

Penerapan, Metode Problem Solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh metode Problem Solving dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNPAR terhadap mata kuliah Statistik dan (2) pengaruh metode Pembelajaran Problem Solving dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNPAR terhadap mata kuliah Statistik. Penelitian ini dilaksanakan Program Studi Pendidikan Ekonomi dengan mengambil subyek penelitian 2 (dua) orang dosen dan 48 orang mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model Penelitian Tindakan Kelas yang terbagi dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 (empat) tahap yaitu persiapan tindakan, implementasi tindakan, pemantauan, evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara, angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa (1) Penerapan metode Problem Solving dalam pembelajaran Statistik mampu meningkatkan minat belajar mahasiswa, indikasinya adalah proses pembelajaran cukup menyenangkan dan mampu meningkatkan peran aktif mahasiswa dan kemandirian mahasiswa. (2) Penerapan metode Problem Solving dalam pembelajaran statistik mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa. Indikasinya adalah proses pembelajaran menjadi lebih mudah diikuti dan adanya peningkatan nilai mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Rahman Abror (1993) psikologi pendidikan. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya

Bransford, J. & Stein, B.S. (1983). The IDEAL problem solver: A guide for improving thinking, learming, and creativity. New York : W.H. Freeman.

Ebel, R.L. (1977). Essentials of Educational Measurement. Englewood Cliffts, New York: Prentice Hall Inc.

Kemmis S. & McTaggart C. (1988). The Action Research Planner. Deakin: Deakin University Press

Mudhofir (1996). Teknologi Instruksional. Bandung : Remaja Rosdakarya

Muhibbin Syah (2002). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Prim, Marcelo Fabricio & Trabasso, Luis Gonzaga (2005). “Theory of Inventive Problem Solving Applied To Business Process Management Project (BPM-TRIZ)”. Proceedings of COMBEM 2005. 18th International Congress of Mechanical Engineering. November 6-11, 2005, Ouro Preto, MG

Slameto (1995). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Downloads

Published

2014-06-10