Penggunaan Metode Proyek Dalam Pendekatan Tematik Pada Pembelajaran IPS Dan Bahasa Indonesia Di Kelas II SD

Authors

  • Dina Mardiana FKIP, Universitas Palangka Raya

Keywords:

metode proyek, pendekatan tematik, pembelajaran IPS, bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian pengamatan ini dilaksanakan berdasarkan pada situasi belajar dan fakta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang berada di bawah standar nilai rata-rata dan ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan, yakni hanya 5,8 dengan 15% jumlah siswa yang tuntas. Selaras dengan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS yang ditematikkan dengan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode proyek. Pada hasil penelitian ditemukan data bahwa metode proyek telah berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik IPS dan bahasa Indonesia di kelas II SD. Hal itu dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada data awal hanya 5,8, tetapi setelah dilakukannya tindakan oleh guru kelas pada Siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa sudah naik menjadi 6,6 dengan ketuntasan 35%. Setelah dilakukannya tindakan di Siklus II oleh guru kelas, nilai rata-rata hasil belajar siswa naik lebih tinggi menjadi 8,1 ketuntasan belajar sebanyak 100%. Dengan demikian, berdasarkan hasil amatan terhadap tindakan yang dilakukan guru kelas dalam pembelajaran IPS dan bahasa Indonesia melalui pendekatan tematik dengan menggunakan metode proyek ini, nilai hasil belajar siswa yang sebelumnya hanya 5,8 dapat ditingkatkan menjadi menjadi 8,1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP.

__________. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

__________. 2006. Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

__________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar: Model Silabus Tematik Kelas II. Jakarta: BSNP.

Hartati, Tatat. 2006. Modul 4: Pendekatan dan Metode Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar..http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/19530312197 9032N._TATAT_HARTATI/Penelitian/HOLISTIK/2HALAMAN_PENGESAHAN. pdf. diakses pada tanggal 28 Januari 2010. Bandung: PGSD Bumi Siliwangi FIP UPI.

Kusuma, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Nurcholis, Hanif dan Mafrukhi. 2007. Saya Senang Berbahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas II. Jakarta: Erlangga.

Rosdijati, Nani, dkk. 2010. Panduan Paikem IPS untuk SD: Bacaan Wajib untuk Guru. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

TIM BKG. 2007. IPS Terpadu untuk SD Kelas II. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2014-06-10