Persepsi Karyawan Terhadap Pemberian Kompensasi Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangka Raya
Keywords:
Persepsi, Karyawan, KompensasiAbstract
Penelitian ini dilator belakang Karena manusia sebagai salah satu sumber daya dalam perusahaan mempunyai peranan sangat penting dibandingkan dengan sumber daya lainnya, karena manusia merupakan factor penggerak dari seluruh kegiatan perusahaan. Perusahaan harus dapat memberikan perhatian lebih terhadap tenaga kerjanya. Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk memotivasi dan memberikan kepuasan karyawan adalah melalui kompensasi. Bila kompensasi disusun secara adil dan benar para karyawan akan merasa puas dan termotivasi untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi. Bentuk-bentuk kompensasi yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan karyawan. Organisasi dapat memuaskan kebutuhan-kebutuhan tersebut melalui system kompensasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana data yang berhasil peneliti kumpulan dari lokasi penelitian, selanjutnya dianalisa dan kemudian disajikan secara tertulis dalam laporan tersebut, yaitu berupa data yang ditemukan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangka Raya mengenai persepsi karyawan terhadap pemberian kompensasi pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangka Raya sangatlah penting, Hal ini ditunjukan dengan hasil wawancara yang telah peneliti lakukan yaitu sebagian besar mengatakan bahwa kompensasi yang diberikan perusahaan sudah dapat dikatakan baik dan adil serta sudah memenuhi kebutuhan karyawan sebagai penunjang kinerjanya. Disamping itu pihak yang berwenang yang mengatur jalannya system kompensasi ini hendaknya lebih memperhatikan lagi system kompensasi pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangka Raya. Misalnya tidak hanya jenis kompensasi Non-Finansial saja, melainkan adanya kompensasi Finansial. Tujuannya sebagai perangsang minat dan semangat kerja dari semua karyawan agar dapat bekerja lebih baik serta memberikan kontribusi lebih bagi kemajuan perusahaan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Gorda, IGN, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit STIE Satya Dharma Singaraja.
Hasibuan, Malayu S.P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: CV Haji Masagung.
Ivancevich, John M., Robert Konopaske, dan Michael T. Mattesson. 2008. Organizational Behavior and Management. New York: McGraw-Hill.
John M. Ivancevich, dkk.2006.Perilaku Organisasi.Yogyakarta.Gajah Mada University Press
Mangkunegara, A.P. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mangkuprawira, Tb.S. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rivai, Veithzal, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Cetakan ke-1.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV . Alfabeta.
Soehartono, (2012). Penelitian Kualitatif Komunikasi, ekonomi, kebijakan public, dan ilmu social lainnya, Fajar Inter pratama Offset, Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Siregar, Syofian. 2014. Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Penerbit Rajawali
Tim Penyusun, 2014. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. FKIP Universitas Palangka Raya. Malang: Surya Pena Gemilang
Wibowo. 2014. Manajemen Kinerja. Jakarta: Karisma Putra Utama Offset.
Yahman. Bahrul. 2009. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Organisasi di Organisasi Pendidikan Islam X, Vol. 8 No. 2, Agustus 2009. Jakarta: Fakultas Ekonomi & Ilmu Sosial UIN Jakarta.
http://adaddanuarta.blogspot.co.id/2014/11/kompensasi-menurut-para ahli.html?m=1
http://www.definisi-pengertian.com/2015/06/definisi-pengertian-persepsi-menurut-ahli.html?m=1
http://infodanpengertian.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-karyawan-menurut-para-ahli.html?m=1