Analisis Kualitas Jasa Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan Pada CV Travel Tulus Di MuaraTeweh
Keywords:
kualitas jasa, pelangganAbstract
Perkembangan jumlah perusahaan jasa transportasi (travel) yang dimiliki pihak swasta saat ini, menunjukkan perkembangan yang cukup tinggi, sehingga tingkat persaingan untuk mendapatkan pelanggan semakin sulit. Sejalan dengan hal tersebut salah satu strategi yang dilakukan pemilik usaha jasa pelayanan (travel) dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Dengan kualitas pelayanan yang optimal, diharapkan pihak yang memberikan jasa pelayanan transportasi akan mampu memenuhi harapan dari konsumennya, mampu memenangkan persaingan yang pada akhirnya akan memperoleh laba yang maskimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas jasa untuk meningkatkan jumlah pelanggan pada Travel Tulus di MuaraTeweh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini melibatkan 7 informan yang dipilih secara acak berdasarkan latar dari individu yang bersangkutan sebagai bagian dari satu kesatuan yang utuh. Data yang dijaring dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi terlebih dahulu, kemudian melakukan wawancara, dan mendokumentasikan data yang diperlukan, baik data primer maupun data sekunder, lalu dianalisis secara kualitatif dan ditarik suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas jasa untuk meningkatkan jumlah pelanggan pada CV. Travel Tulus di Muara Teweh adalah memfokuskan kepada kepuasan konsumen, yaitu dengan berusaha memenuhi harapan konsumen, melangkah lebih jauh dari dugaan konsumen dan berbuat sesuatu yang lebih dari pada yang diharapkan konsumen sehingga mereka tertarik untuk kembali. Bahkan, mereka akan menginformasikan pengalamannya itu kepada orang lain. Usaha CV.Travel Tulus di Muara Teweh untuk memuaskan konsumen adalah mengacu pada lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu Reliability (Keandalan); Tangible (Bukti Fisik); Responsiveness (Ketanggapan); Empathy (Perhatian); Asurance (Jaminan dan Kepastian).
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Basrowi, Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Djajasudarma, T.F (2006). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Jakarta: Balai Pustaka
Ernawati, Lili. 2005. Studi Perbandingan Usaha Meningkatkan Volume Penjualan Pada Tiga Perusahaan Angkutan Darat/Travel Di Kota Palangkaraya. Palangka Raya: UNPAR
FKIP, UNPAR. 2007. Pedoman Penulisan Skripsi.Palangka Raya
Heizer, Jay. Render, Barry. 2006. Manajemen Operasi. Edisi ketujuh. Jakarta: Salemba Empat
Kotler, Philip. Armstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Satu. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler dan Amstrong, 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga